Show simple item record

dc.contributor.authorEKA NUR KHAIRUN NISA
dc.date.accessioned2014-01-24T05:41:31Z
dc.date.available2014-01-24T05:41:31Z
dc.date.issued2014-01-24
dc.identifier.nimNIM080210204001
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23428
dc.description.abstractBerdasarkan temuan-temuan yang didapatkan dari hasil wawancara tidak berstruktur pada tanggal 24 September 2011 kepada guru matematika dan siswa kelas IV MI Muhammadiyah terungkap berbagai persoalan yang harus dicarikan solusinya. Persoalan-persoalan tersebut antara lain : Dalam penelitian ini terdapat dua rumusan masalah yaitu bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV MI Muhammadiyah Sidorejo Kecamatan Rowokangkung pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan metode demonstrasi dan alat peraga manik-manik. Berdasarkan dua rumusan masalah tersebut maka disusunlah penelitian ini yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV MI Muhammadiyah Sidorejo Kecamatan Rowokangkung pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan metode demonstrasi dan alat peraga manik-manik. Penggunaan metode demonstrasi dengan alat peraga manikmanik dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam kemampuan menghitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan manik-manik, bertanya, berdiskusi, mempresentasikan hasil pekerjaan dan menyalin penjelasan yang disampaikan oleh guru Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pada penelitian ini subjek penelitian adalah kelas IV MI Muhammadiyah Sidorejo berjumlah 35 siswa. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan yaitu aktivitas siswa dan guru selama pembelajaran berlangsung dan hasil belajar siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan metode demonstrasi menggunakan alat peraga manik-manik secara umum dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa serta aktivitas guru. Aktivitas guru secara umum mengalami peningkatan, peningkatan sangat signifikan terjadi pada dua indikator yaitu indikator menggali pengetahuan siswa meningkat 25 %, dari 75% menjadi 100% dan indikator menyimpulkan hasil belajar yaitu meningkat 25%, dari 66,67% menjadi 91, 67%. Aktivitas siswa untuk indikator menulis meningkat dari 55,24% menjadi 88,57%, indikator bertanya meningkat dari 52,38% menjadi 77,14%, indikator berdiskusi meningkat dari 52,38% meningkat menjadi 89,58, sedangakan untuk indikator keterampilan menggunakan manik-manik dari 56,19% meningkat menjadi 89,58% dan untuk indikator mempresentasikan hasil pekerjaan meningkat dari 45,71% menjadi 66,67%. Hasil belajar siswa pada penerapan metode demonstrasi menggunakan alat peraga manik – manik dapat meningkat, hal ini dapat diketahui dengan adanya peningkatan hasil tes 1 persentase ketuntasan siswa secara klasikal diperoleh 51,42 % dan pada tes 2 ketuntasan klasikalnya mencapai 88,57%.Penggunaan alat peraga manik-manik ini dapat digunakan oleh guru ketika guru menanamkan konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat supaya belajar lebih bermakna tetapi guru harus menjelaskan terlebih dahulu cara penggunaan manik-manik sehingga siswa tidak kesulitan dalam menggunakan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204001;
dc.subjectMetode Demonstrasi dan Alat Peraga Manik - Maniken_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DAN ALAT PERAGA MANIK - MANIK PADA SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH SIDOREJO ROWOKANGKUNG LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record