• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA SISWA KELAS VIII-E SMP NEGERI 1 PUJER TAHUN AJARAN 20102011

    Thumbnail
    View/Open
    r (320)r_1.pdf (1.214Mb)
    Date
    2014-01-24
    Author
    Wahyu Dwi Martalia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan data observasi awal yang dilaksanakan pada tanggal 14 0ktober 2010 di Kelas VIII-E SMP Negeri 1 Pujer, diketahui rendahnya ketuntasan hasil belajar fisika siswa. Berdasarkan data ulangan harian kelas VIIIE dari 39 siswa hanya 41,02% yang mendapatkan nilai ≥ 66; sedangkan 58,98% siswa lainnya mendapatkan nilai < 66. Aktivitas belajar siswa juga tergolong rendah yaitu dari 39 siswa hanya 14 siswa yang aktif memperhatikan pelajaran; 20,51% atau 8 orang siswa yang bertanya dan saat guru bertanya tidak ada satupun siswa yang menjawab 0%; 46,15% atau 18 orang siswa yang mencatat; dan 30,76% atau 12 orang siswa yang aktif mengerjakan tugas. Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan perbaikan pembelajaran melalui model pembelajaran berdasarkan masalah (problem based instruction). Model ini merupakan suatu model pembelajaran yang didasarkan pada banyaknya permasalahan yang membutuhkan penyelidikan autentik yakni penyelidikan yang membutuhkan penyelesaian nyata dari permasalahan yang nyata ( dengan melakukan ekeperimen). Dengan demikian model ini dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa kelas VIII-E tersebut. Model ini memiliki kelebihan yaitu nyata dengan kehidupan siswa, konsep sesuai dengan kebutuhan siswa, mengembangkan sifat inkuiri, retensi konsep jadi kuat, dan mengembangkan kemampuan problem solving. Tahap-tahap model problem based instruction disertai handout adalah sebagai berikut: orientasi siswa pada masalah, mengorganisasi siswa untuk belajar, membimbing penyelidikan individual maupun kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, menganalisis dan mengevaluasi vii proses pemecahan masalah. Melalui 5 (lima) tahap tersebut, maka aktivitas siswa yang sesuai dengan ketrampilan proses dalam pembelajaran IPA dapat dikembangkan pada tahap ketiga yaitu tahap membimbing penyelidikan kelompok. Selain itu, aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran dapat dikembangkan pada tahap-tahap lainnya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas sehingga subyek penelitian sudah ditetapkan di kelas VIII-E SMP Negeri 1 Pujer tahun ajaran 2010-2011. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data yang didapatkan adalah skor aktivitas guru dan skor aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan skor hasil belajar pada pra-siklus, siklus I, siklus II, serta hasil wawancara dengan guru bidang studi dan siswa. Aktivitas belajar siswa dengan model pembelajaran problem based instruction mengalami peningkatan dari pra-siklus ke siklus 1 dan siklus 2. Pada pra siklus aktivitas siswa secara klasikal sebesar 52.43% yang termasuk dalam kriteria sedang. Pada siklus I aktivitas siswa secara klasikal mengalami peningkatan sebesar 22.43% yang termasuk dalam kriteria aktif. Pada siklus II aktivitas siswa secara klasikal mengalami peningkatan sebesar 30.81% persentase tersebut termasuk pada kriteria sangat aktif. Peningkatan aktivitas belajar siswa pada model pembelajaran problem based instruction diikuti peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari pra-siklus ke siklus 1 dan siklus 2. Pada pra siklus ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 16.22%. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 75.6%. Pada siklus 2 ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 81.08%. Dari hasil di atas menunjukkan model problem based instruction dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang membuat siswa lebih aktif belajar dan lebih memahami konsep
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23404
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository