• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS DESKRIPTIF SOAL UJIAN NASIONAL MATEMATIKA SMA PROGRAM IPA TAHUN AJARAN 2009/2010

    Thumbnail
    View/Open
    r (350)r_1.pdf (744.9Kb)
    Date
    2014-01-24
    Author
    Wahyu Prastyo
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Ujian Nasional merupakan suatu bentuk evaluasi terhadap pencapaian kompetensi peserta didik yang diselenggarakan secara nasional pada jenjang pendidikan dasar dan menengah Sebagai alat evaluasi, soal-soal pada ujian nasional harus mencakup seluruh materi dan dapat mewakili berbagai kemampuan berpikir, seperti ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis, dan evaluasi (Wijayanti, 2009:3). Soal–soal pada ujian nasional juga harus berkualitas yang mana kualitas ini dapat dilihat dari karakteristik soal (Fadilah, 2008:11). Sehingga ujian nasional benar-benar menjadi alat evaluasi yang hasilnya dapat dijadikan sebagai tolak ukur keberhasilan dari proses belajar siswa di sekolah. tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan ruang lingkup materi, tingkat kognitif, dan karakteristik soal pada soal ujian nasional matematika SMA ProgramIPA. Objek dari penelitian ini adalah soal ujian nasional matematika SMA program IPA tahun ajaran 2009/2010 yang terdiri dari dua paket soal, yaitu soal A (kode 16) dan soal B (kode 49). Masing–masing paket terdiri dari 40 butir soal pilihan ganda dengan 5 pilihan jawaban. Soal diklasifikasi, dianalisis, dan diujicobakan pada siswa kelas XII SMA Program IPA. Penentuan SMA tempat ujicoba menggunakan metode purposive sampling area. SMA yang dipilih sebagai tempat ujicoba adalah adalah 3 SMA di kabupaten Jember, yaitu SMA Negeri 4 Jember, SMA Negeri Balung, dan SMA Negeri Kalisat, yang selanjutnya pada masing-masing SMA akan dipilih secara acak satu kelas XII program IPA sebagai kelas uji coba. Penelitian terbagi menjadi dua langkah utama, yaitu (1) mengklasifikasi soal berdasarkan ruang lingkup materi dan tingkat kognitif, dan (2) mengukur karakteristik soal. Klasifikasi dimulai dengan mengumpulkan soal ujian nasional bidang studi matematika, membuat tabel klasifikasi, melakukan analisis data, dan menarik kesimpulan. Adapun untuk mengukur karakteristik soal dimulai dengan mengumpulkan soal beserta kunci jawaban dan pembahasan, menyusun tabel perhitungan, mengujicobakan soal, melakukan analisis data, dan menarik kesimpulan. Analisa data yang digunakan merupakan analisa kualitatif yang diperoleh dari hasil klasifikasi dan perhitungan data uji coba. Berdasarkan hasil klasifikasi dan analisis pada soal ujian nasional matematika SMA Program IPA tahun ajaran 2009/2010 diperoleh informasi tentang distribusi materi, tingkat kognitif, dan karakteristik soal. Distribusi materi pada soal adalah logika matematika 2,5%, Aljabar 47,5%, Dimensi3 7,5%, Trigonometri 10%, Kalkulus 22,5%, dan Statistika dan Peluang 10%. Tingkat kognitif soal berada pada level pemahaman (C2), aplikasi (C3), analisis (C4), dan sintesis (C5) dengan proporsi 42,5%, 15%, 30%, dan 12,5%. Validitas soal termasuk baik, yaitu pada soal A sebesar 0,783 dan pada soal B sebesar 0, 774. Adapun validitas item pada soal terbagi menjadi empat kategori, yaitu baik, cukup, rendah, dan sangat rendah. Pada soal A proporsi validitas item soal adalah 30% baik, 40% cukup, 17,5% rendah, dan 12,5% sangat rendah. Pada soal B proporsi validitas item adalah 30% baik, 42% cukup, 20% rendah, dan 7,5% sangat rendah. Reliabilitas soal berbeda antara soal A dan soal B. Soal A memiliki reliabilitas yang cukup, yaitu sebesar 0,588 sedangkan soal B memiliki reliabilitas yang baik, yaitu sebesar 0,656. Tingkat kesukaran soal terbagi menjadi tiga kriteria, yaitu mudah, sedang, dan sulit. Adapun proporsinya, pada soal A sebesar 30%, 57,5%, dan 12,5%, sedangkan pada soal B sebesar 42,5%, 52,5% dan 5%. Daya pembeda pada soal terbagi menjadi empat macam kategori, yaitu baik, cukup, buruk, dan sangat buruk. Adapun proporsinya, pada soal A sebesar 7,5%, 22,5%, 52,5%, dan 17,5% sedangkan pada soal B sebesar 10%, 22,5%, 47,5% dan 20%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23371
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository