• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    LAT PERAGA SISTEM PERUBAHAN GERAK ROTASI MENJADI TRANSLASI (Bagian Dinamis)

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhubA (95)x_1.pdf (596.3Kb)
    Date
    2014-01-24
    Author
    Feri Idris
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Sistem perubahan gerak rotasi menjadi translasi adalah suatu ilmu yang mempelajari mengenai gerak relatif dari bagian-bagian mesin, lintasan, kecepatan, dan percepatan serta membahas gaya-gaya yang bekerja pada bagian-bagian dari mesin dan gerakan-gerakan yang diakibatkan oleh gaya-gaya ini. Alat peraga ini terdiri dari berbagai macam elemen mesin sehingga dapat digunakan untuk bahan praktikum mata kuliah elemen mesin. Elemen mesin merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh mahasiswa jurusan Teknik Mesin. Materi mata kuliah elemen mesin dapat lebih dipahami dengan melakukan praktikum di laboratorium. Prinsip kerja alat peraga sistem transmisi daya dan sistem perubahan gerak rotasi menjadi translasi ini adalah putaran dan daya dari motor direduksi dengan menggunakan gearbox yaitu dengan perbandingan rasio 1:40, kemudian putaran ditransmisikan oleh pulley dengan perbandingan rasio 1:1 melalui sabuk gilir. Kemudian putaran ditransmisikan ke kopling universal joint yang menghubungkan antar poros yang didukung oleh dua buah bantalan. Lalu putaran dari poros ditransmisikan ke roda gigi bevel yang didukung oleh dua buah bantalan sehingga membentuk sudut 90 vii o antara dua poros. Dari transmisi roda gigi inilah putaran diteruskan ke roda piringan untuk menggerakkan sebuah piston yang duhubungkan oleh batang penggerak. Dari poros terakhir putaran di transmisikan lagi dengan mengguanakan rantai dan sproket untuk menggerakkan poros camshaft dengan perbandingan 1:1. Prinsip kerja piston itu sendiri menggambarkan cara kerja motor bakar, yaitu pada saat piston melakukan langkah isap (TMA-TMB) cam mengerakkan batang klep sehingga klep membuka. Dan sebaliknya pada saat piston melakukan langkah kompresi (TMB-TMA) klep menutup. Metode pengujian Alat Peraga Sistem Trasmisi Daya ini yaitu dengan cara melihat sambungan antara setiap elemen-elemen sistem transmisi bekerja dengan baik, pengukuran kerataan pada piringan dan kebengkokan pemasangan setiap elemen sistem transmisi daya tersebut dapat diukur dengan menggunakan dial indicator pada titik-titik tertentu. Pengujian yang lain dengan menggunakan tachometer yaitu untuk mengetahui kecepatan actual setiap elemen-elemen mesin yang berputar. Dari hasil analisa didapatkan bahwa pengujian dengan menggunakan dial indicator untuk pengukuran pada titik-titik tertentu besarnya berbeda. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemasangan elemen-elemen mesin kurang lurus atau dalam proses pengerjaanya kurang rata. Pengujian dengan menggunakan tachometer didapatkan bahwa besarnya kecepatan actual nilainya berbeda sedikit dengan kecepatan teoritisnya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23350
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4216]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository