Show simple item record

dc.contributor.authorSiska Desi Wijayanti
dc.date.accessioned2014-01-24T05:12:27Z
dc.date.available2014-01-24T05:12:27Z
dc.date.issued2014-01-24
dc.identifier.nimNIM070210204336
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23342
dc.description.abstractDalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk SD kelas IV semester 2, Standar Kompetensi yang harus dicapai siswa adalah siswa dapat mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis ke dalam bentuk karangan, pengumuman, dan pantun anak. Sedangkan Kompetensi Dasar yang harus dicapai siswa adalah siswa dapat menyusun karangan tentang berbagai topik sederhana dengan memperhatikan ejaan ( huruf besar, tanda titik, tanda koma, dll ). Berdasarkan kompetensi Dasar diatas hal yang harus dicapai siswa adalah siswa dapat menyusun karangan khususnya menulis karangan deskripsi yang bertujuan agar siswa dapat mengungkapkan atau pendapat, pemikiran yang dimiliki, selain itu dapat mengembangkan daya pikir dan kreatifitas siswa dalam menulis khususnya dalam menulis karangan deskripsi. Hasil observasi pada siswa kelas IV menunjukkan masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam mendeskripsikan suatu benda ke dalam bahasa tulis terutama dalam menulis karangan deskripsi, karena siswa sulit membayangkan sesuatu tanpa adanya media nyata dihadapan mereka. Ini dibuktikan dari hasil belajar siswa yang rendah yang didapatkan dari nilai tugas siswa dalam menulis karangan. Berdasarkan hasil obsevasi dapat dikemukakan rumusan masalahnya yaitu. bagaimanakah proses meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media nyata pada siswa kelas IV SD Negeri Grujugan Kidul 2 Bondowoso dan bagaimanakah kemampuan menulis karangan deskripsi setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan media nyata pada siswa kelas IV SD Negeri Grujugan Kidul 2 Bondowoso. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan proses kemampuan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media nyata pada siswa kelas IV SD Negeri Grujugan Kidul 2 Bondowoso dan mendeskripsikan kemampuan menulis karangan deskripsi setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan media nyata pada siswa kelas IV SD Negeri Grujugan Kidul 2 Bondowoso. Berdasarkan hal tersebut, untuk memperbaiki dan meningkatkan pembelajaran Bahasa Indonesia pada pokok bahasan menulis karangan deskripsi, maka diperlukan alternatif untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa. Salah satu yang dinilai dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa adalah dengan menggunakan media nyata. Pembelajaran menulis karangan deskripsi pada penelitian ini memiliki tiga tahap, yaitu prapenulisan, penulisan, dan pascapenulisan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204336;
dc.subjectMeningkatkan Kemampuan Menulis Karanganen_US
dc.titleMeningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi dengan Menggunakan Media Nyata pada Siswa Kelas IV SD Negeri Grujugan Kidul 2 Bondowoso.en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record