Show simple item record

dc.contributor.authorAndri Firman Suyitno
dc.date.accessioned2014-01-24T04:51:18Z
dc.date.available2014-01-24T04:51:18Z
dc.date.issued2014-01-24
dc.identifier.nimNIM060910202206
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23278
dc.description.abstractKoperasi Pegawai Republik Indonesia Sejahtera Cluring merupakan badan usaha yang bergerak di bidang jasa. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal, yaitu penelitian yang menghubungkan antara dua variabel dan bersifat sebab akibat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Obyek penelitian ini yaitu semua anggota koperasi pegawai republik indonesia sejahtera cluring . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia Sejahtera Cluring. Data primer diperoleh melalui metode kuesioner dari 90 responden yaitu anggota Koperasi Pegawai Republik Indonesia Sejahtera Cluring. Data yang telah diolah kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS. Nilai masing-masing koefisien regresi variabel independen dari model regresi linier yaitu bukti fisik (tangible)/X1 sebesar 0,115, keandalan (reliability)/X2 sebesar 0,145, daya tanggap (responsiveness)/X3 sebesar 0,187, jaminan (assurance)/X4 sebesar 0,110, dan empati (empathy)/X5 sebesar 0,113. Dari nilai masing-masing koefisien regresi variabel independen tersebut didapatkan nilai positif. Hal ini menggambarkan bahwa variabel independen yang terdiri dari bukti fisik (tangible), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (empathy) mempunyai pengaruh positif terhadap besarnya tingkat kepuasan anggota, artinya dengan semakin besarnya variabel independen maka tingkat kepuasan anggota akan semakin besar pula. Pada penelitian ini analisis data yang digunakan adalah uji instrument penelitian dengan uji validitas dan reliabilitas. Uji validitas menunjukkan bahwa bahwa masingvii masing indikator yang digunakan baik dalam variabel independen maupun dependen mempunyai nilai signifikasi lebih kecil dari 0,05%, sehingga semua variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah valid. Uji reliabilitas menunjukkan bahwa semua variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah reliabel, karena memiliki koefisien keandalan reliabilitas lebih besar dari 0,60, sehingga semua variabel yang digunakan dalam penelitian ini reliabel. Berdasarkan pada hasil perhitungan uji F diperoleh nilai F hitung sebesar 83.724 dan nilai F hitung tersebut lebih besar dari pada F table, sedangkan perhitungan uji t diperoleh nilai T hitung > T table, nilai T tabel ± 1.663. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Berdasarkan ketentuan tersebut, hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan anggota pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia Sejahtera Cluring.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060910202206;
dc.subjectTINGKAT KEPUASAN ANGGOTAen_US
dc.titlePENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN ANGGOTA PADA KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA SEJAHTERA CLURING BANYUWANGIen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record