Show simple item record

dc.contributor.authorDwi Cahyani
dc.date.accessioned2014-01-24T04:42:25Z
dc.date.available2014-01-24T04:42:25Z
dc.date.issued2014-01-24
dc.identifier.nimNIM080210193026
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23244
dc.description.abstractModel pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) berbantuan LKS merupakan model pembelajaran kelompok yang mengintegrasikan suatu bacaan secara menyeluruh kemudian mengkomposisikannya menjadi bagian-bagian yang penting, setiap kelompok bertanggung jawab terhadap tugas saling mengeluarkan ide-ide untuk memahami suatu konsep. Model pembelajaran ini dibantu dengan media berupa LKS yang berfungi sebagai petunjuk berisi langkah-langkah penyelesaian tugas sehingga dapat membantu siswa memperoleh pengalaman secara langsung yaitu berupa kegiatan percobaan sehingga setiap siswa aktif terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) berbantuan LKS digunakan untuk mengatasi masalah di SMP Negeri 14 Jember yang terjadi pada siswa kelas VIII D yang kurang memperhatikan penjelasan guru karena menjelaskan dengan metode ceramah yang monoton dan membosankan, selain itu juga kurangnya minat baca siswa sehingga nilai hasil belajar siswa rendah. Hasil rata-rata motivasi belajar siswa dari semua aspek pada pembelajaran sebelumnya sebesar 20,73 masuk kategori cukup baik, namun kategori ini masih belum optimal sehingga hasil belajar siswa juga belum optimal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII D SMP Negeri 14 Jember tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, metode tes, metode angket, dan metode dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) berbantuan LKS dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Peningkatan motivasi belajar siswa dapat diketahui dari hasil angket motivasi ARCS yang diberikan sebelum dilaksanakannya siklus I dan sesudah siklus II. Hasil persentase motivasi pra siklus I pada aspek attention sebesar 58,94%, aspek relevance sebesar 57,2%, aspek confidence sebesar 70,78%, dan aspek satisfaction sebesar 72,18%. Hasil persentase motivasi pasca siklus II pada aspek attention meningkat sebesar 13,09% dari 58,94% menjadi 72,03%, aspek relevance meningkat sebesar 17,36% dari 57,2% menjadi 74,56%, aspek confidence meningkat sebesar 9,87% dari 70,78% menjadi 80,65%, dan aspek satisfaction meningkat sebesar 14,13% dari 72,18% menjadi 78,87%. Hasil rata-rata capaian motivasi belajar siswa pada semua aspek ARCS pasca siklus II sebesar 25,08 sehingga mengalami peningkatan sebesar 4,35 dari 29,73 pada pra siklus. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari kognitif dan psikomotor. Nilai kognitif diambil dari nilai pos tes dan tes di setiap akhir siklus sedangkan psikomotor dinilai dari kegiatan siswa selama proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) berbantuan LKS. Ranah psikomotor meningkat 13,4% dari 75,7% menjadi 89,1%. Ranah kognitif dilihat dari hasil tes siklus I dan siklus II. Hasil tes pada akhir siklus I sebanyak 21 siswa tuntas dan 16 siswa belum tuntas, sehingga ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 56,8%. Hasil tes pada akhir siklus II sebanyak 30 siswa tuntas dan 7 siswa belum tuntas, sehingga ketuntasan klasikal pada siklus II sebesar 81%. Peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 24,2%. Hasil penelitian ini menunujukkan bahwa model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) berbantuan LKS dapat digunakan sebagai alternatif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210193026;
dc.subjectPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRCen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) BERBANTUAN LKS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGIen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record