dc.description.abstract | Pentingnya peranan matematika dalam kehidupan manusia terutama
dalam usaha pengembangan IPTEK menuntut semakin diperlukannya
pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika. Melalui
penerapan Discovery Learning berbasis Teori Bruner, siswa memiliki pengalaman
karena siswa melakukan sesuatu percobaan yang memungkinkan mereka untuk
menemukan konsep atau prinsip-prinsip matematika bagi diri mereka sendiri.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, bagaimana aktivitas dan hasil belajar
siswa dalam penerapan Discovery Learning berbasis Teori Bruner. Penelitian ini
bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan Discovery Learning berbasis Teori
Bruner pada sub pokok bahasan keliling dan luas lingkaran, untuk meningkatkan
aktivitas siswa selama berlangsungnya kegiatan pembelajaran dengan penerapan
Discovery Learning berbasis Teori Bruner, dan untuk meningkatkan ketuntasan
hasil belajar siswa.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIA di SDN Kertosari 01 Jember tahun pelajaran 2010/2011. Data diambil pada tanggal 12-26 Januari dengan
menggunakan metode observasi, metode wawancara, metode tes dan metode
dokumentasi.
Beberapa kendala yang ditemui sewaktu penelitian dapat diatasi dengan
baik, misalnya seperti siswa malu dalam presentasi guru berusaha memberikan
reward berupa bintang agar siswa bersedia dalam melakukan presentasi.
Berdasarkan hasil analisis data pada aktivitas siswa mengalami
peningkatan sebesar 5,02% yaitu pada siklus 1 mencapai 73,29% dan siklus 2
mencapai 78,31%. Ketuntasan hasil belajar siswa juga menagalami peningkatan
sebesar 15,15%, yakni dari siklus 1 mencapai 75,75% dan pada siklus 2 mencapai
90,90%, dengan hasil yang dicapai tersebut dapat dinyatakan tuntas.dan
pembahasan dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran terjadi peningkatan
aktivitas dan hasil belajar pada siswa kelas VI SDN Kertosari 01 dengan
menggunakan penerapan Discovery Learning berbasis Teori Bruner. | en_US |