Show simple item record

dc.contributor.authorDWI ASMANINGSIH
dc.date.accessioned2014-01-24T04:39:58Z
dc.date.available2014-01-24T04:39:58Z
dc.date.issued2014-01-24
dc.identifier.nimNIM090210204215
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23234
dc.description.abstractRendahnya nilai hasil belajar IPS di SDN Tempurejo 06 disebabkan oleh beberapa faktor antara lain; model pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih bersifat konvensional, penggunaan alat peraga/media jarang sekali digunakan, dan praktik pembelajarannya kurang memanfaatkan situasi nyata di lingkungan siswa serta kurang menggunakan model atau metode pembelajaran yang bervariatif. Salah satu cara untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS, guru harus berperan aktif untuk menciptakan beberapa pendekatan dan model. Pendekatan dan model tersebut diharapkan dapat memberikan kesempatan lebih banyak kepada siswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran serta siswa dapat menemukan dan membangun pengetahuan dari realitas yang ada di sekitarnya secara mandiri. Penelitian ini berdasarkan permasalahan bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS menggunakan model sumbang saran dengan teknik kancing gemerincing pokok bahasan persebaran sumber daya alam di lingkungan setempat di SDN Tempurejo 06 tahun pelajaran 2011/2012? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui penerapan model Sumbang Saran dengan Teknik Kancing Gemerincing pokok bahasan persebaran sumber daya alam di lingkungan setempat khususnya siswa kelas IV SDN Tempurejo 06 tahun pelajaran 2011/2012. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 20 anak, terdiri dari 12 laki-laki dan 8 perempuan, Pengambilan data dalam penelitian ini dilaksanakan di SDN Tempurejo 06 Kecamatan Tempurejo, pada bulan September sampai bulan Nopember 2011. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data telah dilakukan dengan metode observasi, dokumentasi wawancara dan tes. Data yang telah terkumpul di analisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, data yang di analisis adalah aktivitas belajar siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini diperoleh hasil aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran melalui model sumbang saran teknik kancing gemerincing mengalami peningkatan dan tergolong kriteria aktivitas siswa aktif. Hal tersebut ditunjukkan dengan analisis aktivitas siswa secara klasikal pada pembelajaran sumbang saran teknik kancing gemerincing, pada siklus I persentase aktivitas siswa sebesar 65.94% dengan kategori aktif, dan pada siklus II mencapai 79,38% dengan kategori sangat aktif. Pembelajaran IPS dengan model sumbang saran teknik kancing gemerincing dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal dan juga secara perorangan di SDN Tempurejo 06. Pada siklus I diperoleh persentase secara klasikal sebesar 60 % (tidak tuntas), dan pada siklus II mencapai 85% (tuntas) Saran yang dapat diberikan peneliti untuk siswa adalah hendaknya menjadi semangat belajar karena dengan pembelajaran sumbang saran teknik kancing gemerincing bisa menemukan sesuatu hal yang baru baik di kelas maupun di luar kelas, untuk guru hendaknya lebih memperhatikan pengelolaan kelas dan menguasai materi-materi yang akan disampaikan agar kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dengan baik, untuk sekolah hendaknya dapat dijadikan gambaran untuk mengambil kebijakan terhadap teknik-teknik pembelajaran yang tepat untuk mencapai hasil belajar yang diharapkan oleh sekolah, untuk peneliti lain perlu pelaksanaan penelitian lebih lanjut tentang pembelajaran sumbang saran teknik kancing gemerincing serta mengkombinasikan dengan model mengajar lain agar tujuan pembelajaran dapat tercapai lebih optimalen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090 210 204 215;
dc.subjectPENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWAen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERSEBARAN SUMBER DAYA ALAM DI LINGKUNGAN SETEMPAT MELALUI MODEL SUMBANG SARAN TEKNIK KANCING GEMERINCING DI SDN TEMPUREJO 06 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record