dc.description.abstract | Rendahnya nilai hasil belajar IPS di SDN Tempurejo 06 disebabkan oleh
beberapa faktor antara lain; model pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih
bersifat konvensional, penggunaan alat peraga/media jarang sekali digunakan, dan
praktik pembelajarannya kurang memanfaatkan situasi nyata di lingkungan siswa
serta kurang menggunakan model atau metode pembelajaran yang bervariatif. Salah
satu cara untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS, guru harus berperan
aktif untuk menciptakan beberapa pendekatan dan model. Pendekatan dan model
tersebut diharapkan dapat memberikan kesempatan lebih banyak kepada siswa untuk
berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran serta siswa dapat menemukan dan
membangun pengetahuan dari realitas yang ada di sekitarnya secara mandiri.
Penelitian ini berdasarkan permasalahan bagaimanakah peningkatan aktivitas
dan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS menggunakan model
sumbang saran dengan teknik kancing gemerincing pokok bahasan persebaran
sumber daya alam di lingkungan setempat di SDN Tempurejo 06 tahun pelajaran
2011/2012?
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
dalam pembelajaran IPS melalui penerapan model Sumbang Saran dengan Teknik
Kancing Gemerincing pokok bahasan persebaran sumber daya alam di lingkungan
setempat khususnya siswa kelas IV SDN Tempurejo 06 tahun pelajaran 2011/2012.
Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 20 anak, terdiri dari 12 laki-laki dan 8 perempuan, Pengambilan data dalam penelitian ini dilaksanakan di
SDN Tempurejo 06 Kecamatan Tempurejo, pada bulan September sampai bulan
Nopember 2011. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK). Pengumpulan data telah dilakukan dengan metode observasi, dokumentasi
wawancara dan tes. Data yang telah terkumpul di analisis dengan menggunakan
teknik analisis statistik deskriptif, data yang di analisis adalah aktivitas belajar siswa
dan ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran.
Kesimpulan dari penelitian ini diperoleh hasil aktivitas siswa selama
mengikuti pembelajaran melalui model sumbang saran teknik kancing gemerincing
mengalami peningkatan dan tergolong kriteria aktivitas siswa aktif. Hal tersebut
ditunjukkan dengan analisis aktivitas siswa secara klasikal pada pembelajaran
sumbang saran teknik kancing gemerincing, pada siklus I persentase aktivitas siswa
sebesar 65.94% dengan kategori aktif, dan pada siklus II mencapai 79,38% dengan
kategori sangat aktif. Pembelajaran IPS dengan model sumbang saran teknik kancing
gemerincing dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal dan
juga secara perorangan di SDN Tempurejo 06. Pada siklus I diperoleh persentase
secara klasikal sebesar 60 % (tidak tuntas), dan pada siklus II mencapai 85% (tuntas)
Saran yang dapat diberikan peneliti untuk siswa adalah hendaknya menjadi
semangat belajar karena dengan pembelajaran sumbang saran teknik kancing
gemerincing bisa menemukan sesuatu hal yang baru baik di kelas maupun di luar
kelas, untuk guru hendaknya lebih memperhatikan pengelolaan kelas dan menguasai
materi-materi yang akan disampaikan agar kegiatan pembelajaran dapat dilakukan
dengan baik, untuk sekolah hendaknya dapat dijadikan gambaran untuk mengambil
kebijakan terhadap teknik-teknik pembelajaran yang tepat untuk mencapai hasil
belajar yang diharapkan oleh sekolah, untuk peneliti lain perlu pelaksanaan penelitian
lebih lanjut tentang pembelajaran sumbang saran teknik kancing gemerincing serta
mengkombinasikan dengan model mengajar lain agar tujuan pembelajaran dapat
tercapai lebih optimal | en_US |