dc.description.abstract | Membaca sebagai salah satu dari empat orientasi keterampilan berbahasa
merupakan salah suatu kegiatan yang dilakukan oleh siswa sejak mengenal bangku
sekolah. Namun kenyataannya keterampilan membaca siswa saat ini masih sangat
rendah. Berdasarkan hasil observasi di lapangan, SMAN Plus Sukowono, khususnya
kelas XI IPA 1, diketahui bahwa keterampilan membaca siswa dalam pembelajaran
membacakan berita, masih rendah baik dari dari segi aspek kebahasaan maupun
nonkebahasaannya. Berdasarkan permasalahan tersebut, dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran membacakan berita perlu dilakukan dengan cara pembelajaran yang
menyenangkan, serta bisa menempatkan siswa tidak hanya sebagai objek , namun
justru sebagai subjek yang berperan aktif dalam proses pembelajaran. Pembelajaran
eksplorasi aspek kebahasaan dan nonkebahasaan adalah adalah salah satu
pembelajaran yang dianggap tepat sehingga sepakat untuk dicobaterapkan oleh guru
dan peneliti dalam pembelajaran ini. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah
Dalam penelitian ini digunakan jenis penelitian berupa Penelitian Tindakan
Kelas yang dilaksanakan mulai dari prasiklus, siklus ke-1, dan siklus ke-2. | en_US |