Show simple item record

dc.contributor.authorRUWAIDA
dc.date.accessioned2014-01-24T03:26:14Z
dc.date.available2014-01-24T03:26:14Z
dc.date.issued2014-01-24
dc.identifier.nim080210274001
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23138
dc.description.abstractPembelajaran matematika sekolah harus mengupayakan agar siswa dapat (1) membangun pengetahuan matematika melalui pemecahan masalah, (2) memecahkan masalah yang muncul dalam konteks matematika dan konteks yang lain, (3) mengaplikasikan dan mengadaptasi berbagai strategi yang sesuai untuk memecahkan masalah, dan (4) memonitor dan merefleksi proses-proses pemecahan masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran matematika materi perbandingan dan skala dengan menggunakan metode problem solving pada siswa kelas VI SD Negeri 1 Sumbertengah Kecamatan Bungatan Kabupaten Situbondo yang berjumlah 25 orang siswa yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Berdasarkan siklus 1.1data menunjukkan bahwa 80% dari banyak siswa mendapat nilai di bawah KKM. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Dalam setiap siklus meliputi tahapan : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara dan tes tertulis. Hasil penelitian pada siklus 1 setelah menerapan metode problem solving pembelajaran menjadi efektif, akan tetapi belum memuaskan, begitu juga hasil belajar siswa rata-rata persentase meningkat 84% dari pembelajaran sebelumnya. Pada siklus 2 pembelajaran menjadi lebih efektif dan memuaskan. Hampir seluruh siswa terampil dalam memahami dan menyelesaikan soal cerita tentang skala, ini dibuktikan dengan kenaikan persentase nilai rata-rata yaitu 96 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penerapan metode problem solving dapat menciptakan pembelajaran yang aktif dan merangsang siswa untuk mengungkapkan ide-ide perencanaan dan pelaksanaan rencana dalam menyelesaikan soal ceritaen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210274001;
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.titlePeningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Tentang Perbandingan dan Skala Dengan Metode Problem Solving pada Siswa Kelas VI SDN 1 Sumbertengah Kecamatan Bungatan Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record