Show simple item record

dc.contributor.authorRusdianto La Nunu
dc.date.accessioned2014-01-24T03:09:34Z
dc.date.available2014-01-24T03:09:34Z
dc.date.issued2014-01-24
dc.identifier.nimNIM070210204031
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23130
dc.description.abstractAda beberapa faktor yang dapat mempengaruhi tinggi rendahnya hasil belajar .siswa disebabkan oleh beberapa hal yaitu : 1. Metode pembelajaran yang diterapkan disekolah yang masih berpusat pada guru dan siswa menjadi pendengar pasif. 2. Pengunaan alat peraga /media jarang sekali digunakan dalam proses pembelajran. 3. Dalam praktek pembelajaran kurang memanfaatkan situasi nyata di lingkungan siswa. Beberapa faktor di atas merupakan penyebab rendahnya pemahaman siswa dalam menguasai konsep IPS karena dirasakan oleh siswa sangat sulit atau susah untuk dipahami dan akhirnya dari hal tersebut akan berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Pembelajaran yang menggunakan metode bermain peran Adapun tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS dengan menggunakan metode bermain peran playing Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pokok bahsan koperasi dan kesejahteraan masyarakat. Adapun saran yang diajukan peneliti dalam penelitian ini yaitu bagi guru adalah dalam melaksanakan kegiatan proses belajar mengajar hendaknya bisa menggunakan metode pembelajaran yang tepat agar siswa lebih aktif dalam belajar dan memperoleh prestasi yang maksimal, bagi lembaga pendidikan adalah dapat dijadikan sebagai bahan masukan yang berguna dan sekaligus bisa dijadikan sebagai umpan balik bagi pengambilan kebijaksanaan yang diambil dalam rangka peningkatan mutu beslajar mengajar dimasa mendatang dan untuk penlitian selanjutnya agar lebih mengembangakan penelitian dengan menggunakan metode bermain peran pada materi yang lain dalam ruang lingkup yang lebih luas dan dalam jangka waktu yang lamaen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204031;
dc.subjectPeningkatan Aktivitasen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN KOPERASI DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS IV SDN KEBONSARI 01 JEMBER TAHUN AJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record