Show simple item record

dc.contributor.authorYunita Wahyu Safitri
dc.date.accessioned2014-01-24T02:31:32Z
dc.date.available2014-01-24T02:31:32Z
dc.date.issued2014-01-24
dc.identifier.nimNIM040910202225
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23113
dc.description.abstractPersaingan ketat diantara perusahaan telekomunikasi membuat perusahaan harus berusaha keras meyakinkan masyarakat untuk menggunakan produknya. PT.Telkom melalui produk Telkom Flexi berhasil menjadi market leader dengan pangsa pasar 52% di pasar CDMA. PT.Telkom Kancatel Mojokerto, merupakan salah satu kantor cabang PT.Telkom yang berada dibawah PT.Telkom Kandatel (Kantor Daerah Telkom) Surabaya merupakan salah satu bagian dalam keberhasilan tersebut. Strategi komunikasi pemasaran yang digunakan adalah Integrated Marketing Communications (Komunikasi Pemasaran Terpadu - IMC), khususnya dalam memasarkan Flexi Classy. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin menggambarkan dan mengetahui lebih lanjut mengenai IMC produk Flexi Classy pada PT.Telkom Kancatel Mojokerto dalam upaya meningkatkan volume penjualan. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif berdasarkan paradigma kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada PT.Telkom Kancatel Mojokerto, Jl.Empu Nala No.61 Mojokerto. Tahap pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif: reduksi data, penyajian data and verifikasi. Data disajikan dalam matriks konseptual, matriks deskriptif-tertata dan matriks dinamika-situs. Tahap selanjutnya adalah interpretasi dan penarikan kesimpulan. PT.Telkom Kancatel Mojokerto menggunakan IMC terdiri atas lima elemen yaitu: advertising, sales promotion, public relations, personal selling dan direct marketing. Sasaran dari advertising adalah masyarakat wilayah Mojokerto, dilakukan melalui periklanan di koran, radio, brosur dan poster. Keluaran yang diinginkan dari ix program ini adalah brand awareness dan keyakinan masyarakat. Sasaran dari sales promotion adalah pelanggan dan seluruh masyarakat di wilayah Mojokerto, dilakukan melalui potongan harga dan hadiah. Keluaran yang diharapkan adalah peningkatan penjualan produk. Sasaran public relations adalah seluruh masyarakat di wilayah Mojokerto, dilakukan melalui hubungan pers dan kegiatan sponsorship. Keluaran yang diharapkan adalah terjalinnya hubungan antara perusahaan dengan masyarakat. Sasaran program personal selling adalah pelanggan potensial, dilakukan melalui presentasi penjualan oleh officer dan tenaga penjual. Keluaran yang diharapkan adalah penjualan atau pemesanan produk. Aktivitas direct marketing dilakukan melalui telemarketing (outbound dan inbound call). Aktivitas ini ditujukan untuk pelanggan dan pelanggan potensial. Keluaran yang diinginkan adalah hubungan baik anatara perusahaan dan pelanggan, serta pemesanan produk. Dengan melaksanakan IMC, volume penjualan produk Flexi Classy selama tahun 2006-2007 meningkat sebesar 163%. IMC dapat dikatakan efektif untuk meningkatkan volume penjualan produk Flexi Classy pada PT.Telkom Kancatel Mojokerto, namun target penjualan belum dapat dipenuhi pada setiap tahunnya. Hal ini dikarenakan faktor internal dan eksternal. Faktor internal yaitu kurangnya jumlah dan kemampuan sales force serta terlalu tingginya target penjualan yang ditetapkan. Faktor eksternal yaitu banyaknya pesaing yang juga gencar dalam melakukan komunikasi pemasaran. Letak Mojokerto yang berada di wilayah marjinal dan keterbatasan karakteristik produk Flexi Classy juga merupakan faktor yang mempengaruhi tidak tercapainya target penjualan. Penelitian ini memiliki keterbatasan yaitu dilakukan pada kantor cabang yang mempunyai sedikit wewenang untuk membuat keputusan, sehingga data-data yang didapatkan kurang lengkap. Penelitian ini juga kurang meneliti lebih lanjut mengenai respon dan feedback dari masyarakat atau pelanggan dalam proses komunikasi serta hanya meneliti salah satu produk perusahaan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries040910202225;
dc.subjectPemasaran Terpaduen_US
dc.titleKomunikasi Pemasaran Terpadu Produk Flexi Classy Pada PT.Telkom Kancatel (Kantor Cabang Telkom) Mojokerto Dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan;en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record