Show simple item record

dc.contributor.authorAlfia Nur Ulfah
dc.date.accessioned2014-01-24T01:59:55Z
dc.date.available2014-01-24T01:59:55Z
dc.date.issued2014-01-24
dc.identifier.nimNIM031510201105
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23086
dc.description.abstractKopi merupakan komoditas perkebunan yang bernilai ekonomi tinggi dan sebagai penghasil devisa. Pada proses pemasaran kopi rakyat yang terjadi di Kabupaten Jember, terdapat beberapa pola saluran pemasaran yang melibatkan beberapa lembaga pemasaran. Setiap lembaga pemasaran yang terlibat akan melakukan beberapa fungsi pemasaran, sehingga mengakibatkan semakin besar biaya pemasaran dan dapat mempengaruhi efisiensi saluran pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pola saluran pemasaran komoditas kopi rakyat di Kabupaten Jember, (2) fungsi-fungsi pemasaran yang dilakukan oleh masingmasing lembaga pemasaran dan (3) nilai efisiensi masing-masing saluran. Data yang digunakan adalah data primer yang diambil pada tahun 2008. Pengambilan contoh responden untuk petani digunakan metode purposive sampling, sedangkan pengambilan contoh untuk lembaga pemasaran menggunakan metode Snow Ball Sampling. Pendekatan deskriptif menggambarkan pola saluran pemasaran komoditas kopi rakyat (Robusta,sp) dan juga fungsi-fungsi pemasaran yang dilakukan oleh lembaga-lembaga pemasaran. Nilai efisiensi pemasaran diketahui dengan menggunakan alat analisis margin pemasaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 5 jenis saluran pemasaran kopi rakyat yang terjadi di Kabupaten Jember. Fungsi-fungsi pemasaran yang dilakukan oleh masingmasing lembaga pemasaran kopi rakyat hampir sama secara umum, meliputi : penjualan, pembelian, pengangkutan, penyimpanan, pengemasan, pembiayaan, informasi pasar, dan standarisasi. Berdasarkan nilai Share margin, semua jenis saluran pemasaran kopi rakyat di tiap desa adalah efisien. Nilai margin menunjukan bahwa saluaran III adalah yang paling efisien di Desa Gelang, untuk Desa Sidomulyo dan Garahan yang paling efisien adalah saluran IV.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries031510201105;
dc.subjectEFISIENSI PEMASARAN KOMODITAS KOPIen_US
dc.titleEFISIENSI PEMASARAN KOMODITAS KOPI RAKYAT DI KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record