Show simple item record

dc.contributor.authorLUKMAN FAUSI
dc.date.accessioned2014-01-24T01:29:23Z
dc.date.available2014-01-24T01:29:23Z
dc.date.issued2014-01-24
dc.identifier.nimNIM040210402322
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23040
dc.description.abstractKeberadaan internet memudahkan masyarakat berinteraksi dan berkomunikasi tanpa terbatas ruang dan waktu. Kemudahan tersebut telah menimbulkan berbagai fenomena kebahasaan. Salah satu fenomena tersebut adalah adanya interferensi leksikal dalam forum diskusi di internet. Interferensi leksikal tersebut banyak ditemui dalam situs forum diskusi. Forum diskusi yang diteliti adalah forum diskusi www.kaskus.us. Pada dorum diskusi tersebut banyak ditemukan interferensi leksikal Bahasa Inggris terhadap Bahasa Indonesia. Oleh karena itu, penulis mengangkat judul Interferensi Leksikal Bahasa Inggris terhadap Bahasa Indonesia pada Forum Diskusi di Situs www.kaskus.us dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Interferensi leksikal adalah pemakaian kosa kata bahasa tertentu ke dalam bahasa lain oleh dwibahasawan. Kajian ini difokuskan pada pembahasan mengenai bentuk interferensi leksikal kata dan frase beserta implikasinya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Dipilihnya forum diskusi www.kaskus.us sebagai objek penelitian ini karena dalam forum tersebut banyak ditemukan percakapan yang mengandung interferensi leksikal. Pembahasan yang dikaji terdiri atas tiga masalah yaitu: 1) Bagaimanakah bentuk interferensi leksikal kata dalam forum diskusi di situs www.kaskus.us, 2) Bagaimanakah bentuk interferensi leksikal frase dalam forum diskusi di situs www.kaskus.us, dan 3) Apa aplikasi terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan bentuk interferensi leksikal kata dalam forum diskusi di situs www.kaskus.us, 2) Mendeskripsikan bentuk interferensi leksikal frase dalam forum diskusi di situs www.kaskus.us, 3) Memaparkan aplikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Rancangan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitian adalah deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi yaitu menggunakan sumber-sumber tertulis. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teori Spradley, yang terdiri atas tiga tahapan analisis data yaitu analisi domain, analisis taksonomi, dan analisis tema kultural. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interferensi leksikal kata dalam forum diskusi di situs www.kaskus.us meliputi 1) kata benda, 2) kata kerja, 3) kata sifat, 4) kata sambung, 5) kata depan, 6) kata keterangan, dan 7) kata ganti. Intereferensi leksikal frase meliputi 1) frase endosentris, dan 2) frase eksosentris. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diberikan saran: 1) bagi guru di sekolah khususnya pelajaran Bahasa Indonesia, diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat membimbing siswa untuk menggunakan Bahasa Indonesia secara tepat sesuai kebutuhan agar kemurnian Bahasa Indonesia tetap terjaga, 2) bagi mahasiswa program pendidikan bahasa dan sastra indonesia sebagai calon guru, hasil penelitian ini diharapkan menjadi bahan pengembangan pengetahuan bahasa khususnya bidang sosiolinguistik dan referensi pembelajaran BI di sekolah agar siswa memahami berbagai wacana dengan baik, 3) bagi peneliti lain, penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan acuan atau perbandingan untuk mengadakan penelitian yang sejenis, 4) bagi anggota forum diskusi di internet, khususnya anggota forum diskusi www.kaskus.us, dengan adanya penelitian ini diharapkan dalam berkomunikasi di forum diskusi dapat menggunakan Bahasa Indonesia secara tepat sesuai kebutuhan agar kemurnian Bahasa Indonesia tetap terjaga.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries040210402322;
dc.subjectINTERFERENSI LEKSIKALen_US
dc.titleINTERFERENSI LEKSIKAL BAHASA INGGRIS TERHADAP BAHASA INDONESIA PADA FORUM DISKUSI DI SITUS WWW.KASKUS.US DAN APLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record