Show simple item record

dc.contributor.authorLuluk Ekaferiyaumush sho’iqah
dc.date.accessioned2014-01-24T01:14:36Z
dc.date.available2014-01-24T01:14:36Z
dc.date.issued2014-01-24
dc.identifier.nimNIM070210204400
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23012
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan karena pengamatan awal di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam mendeskripsikan masih rendah. Hal itu disebabkan siswa mengalami kesulitan untuk menyampaikan gagasan dan pikirannya apabila tidak mengalami pembelajaran secara langsung. Oleh karena itu, penelitian ini berupaya meningkatkan kemampuan siswa khususnya dalam pembelajaran mendeskripsikan kenampakan alam yang alami dan buatan dengan menggunakan metode karya wisata. Masalah pendidikan ini, yaitu: bagaimanakah penerapan metode karya wisata dalam meningkatkan kemampuan mendeskripsikan kenampakan alam yang alami dan buatan pada siswa kelas III. SDN Bedadung 01 Pakusari Jember dan apakah penerapan metode karya wisata dapat meningkatkan kemampuan mendeskripsikan kenampakan alam yang alami dan buatan pada Siswa Kelas III SDN Bedadung 01 Pakusari Jember. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Lokasi penelitian di SDN Bedadung 01 Pakusari Jember, karena terdapat permasalahan dalam pembelajaran mendeskripsikan kenampakan alam yang alami dan buatan khususnya di kelas III. Data penelitian ini dianalisiss secara kualitatif dan kuantitatif. Data yang dianalisiss secara kualitatif adalah data yang diperoleh dari observasi, dokumentasi, wawancara. Sedangkan data yang diperoleh dari data kuantitatif yaitu tes kemampuan mendeskripsikan kenampakan alam yang alami dan buatan siswa kelas III SDN Bedadung 01 Pakusari Jember. Teknik pengumpulan data adalah teknik observasi wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisiss data menunjukkan bahwa kemampuan mendeskripsikan kenampakan alam yang alami dan buatan siswa kelas III SDN Bedadung 01 Pakusari Jember dapat meningkat dengan menerapkan metode karya wisata. Analisis data siklus I menunjukan siswa sudah mampu menuangkan gagasannya sesuai dengan kenampakan alam yang alami dan buatan yang diamati. Berdasarkan hasil tulisan siswa, total nilai dari 3 indikator untuk mengukur kemampuan mendeskripsikan, total nilai siswa yang mencapai ≥ 65 sebanyak 19 siswa (63,4%) dan siswa yang mencapai nilai <65 sebanyak 11 siswa (36,6%). Pada siklus II total nilai siswa yang mencapai < 65 sebanyak 3 siswa (10%). Berdasarkan analisis data, kemampuan siswa dalam mendeskripsikan kenampakan alam yang alami dan buatan meningkat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode karya wisata dipandang efektif untuk meningkatkan kemampuan mendeskripsikan kenampakan alam yang alami dan buatan pada siswa pada siswa kelas III Bedadung 01 Pakusari – Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204400;
dc.subjectMETODE KARYA WISATAen_US
dc.titlePENERAPAN METODE KARYA WISATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN KENAMPAKAN ALAM YANG ALAMI DAN BUATAN PADA SISWA KELAS III SDN BEDADUNG 01 PAKUSARI KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record