Show simple item record

dc.contributor.authorYunita Imansari
dc.date.accessioned2014-01-24T01:03:26Z
dc.date.available2014-01-24T01:03:26Z
dc.date.issued2014-01-24
dc.identifier.nimNIM090210204090
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22985
dc.description.abstractIPS adalah bidang studi yang mempelajari dan menelaah serta menganalisis gejala dan masalah sosial di masyarakat ditinjau dari berbagai aspek kehidupan secara terpadu. Namun, tingkat belajar IPS masih rendah dikarenakan pembelajaran konvensional menjadi penyebab utama. Pembelajaran IPS yang digunakan guru di SDN Kanigaran 04 Probolinggo menggunakan metode ceramah, siswa hanya dibebani hafalan materi tanpa mengerti maksud dari materi IPS tersebut. Maka untuk mengatasi masalah tersebut digunakannya strategi three stage fishbowl decision. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS melalui strategi Three Stage Fishbowl Decision pokok bahasan perkembangan teknologi di SDN Kanigaran 04 Probolinggo. Adapun tujuan penelitian ini adalah : untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS melalui strategi Three Stage Fishbowl Decision pokok bahasan perkembangan teknologi di SDN Kanigaran 04 Probolinggo Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini diadakan di kelas IV SDN Kanigaran 04 tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 30 siswa dengan jumlah siswa laki-laki 13 orang dan jumlah siswa perempuan 17 orang. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Variabel dalam penelitian ini pembelajaran menggunakan strategi three stage fishbowl decision. Data diperoleh dari siswa dan guru kelas IV SDN Kanigaran 04 xii Probolinggo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa proses peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kanigaran 04 berjalan dengan baik. Peningkatan ini dapat diketahui dari perbandingan aktivitas dan hasil belajar siswa antara prasiklus, siklus I, dan siklus II. Pada tahap prasiklus, jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 11 siswa dengan persentase ketuntasan belajar 36,66%. Pada tahap siklus I, jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 17 siswa dengan persentase ketuntasan belajar 56,66 %. Pada tahap siklus II, jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 23 siswa dengan persentase ketuntasan belajar 76,66%. Saran peneliti berdasarkan hasil penelitian adalah: 1) bagi guru kelas : dalam pembelajaran IPS hendaknya menggunakan strategi three stage fishbowl decision untuk membangkitkan minat belajar IPS melalui bertukar pendapat sehingga memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran. 2) bagi peneliti lain : bagi peneliti lain hendaknya dapat mengembangkan pembelajaran menggunakan strategi yang lebih inovatif yang dapat membuat peserta didik lebih tertarik dalam pembelajaran IPS maupun pembelajaran lain.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204090;
dc.subjectstrategi three stage fishbowl decisionen_US
dc.titlePeningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar siswa kelas IV Dalam Pembelajaran IPS melalui strategi three stage fishbowl decision pokok bahasan perkembangan teknologi di SDN Kanigaran 04 Probolinggo Tahun Ajaran 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record