Show simple item record

dc.contributor.authorEKA BUDIASTUTIK SETIANINGRUM
dc.date.accessioned2014-01-24T01:02:52Z
dc.date.available2014-01-24T01:02:52Z
dc.date.issued2014-01-24
dc.identifier.nimNIM100210274041
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22984
dc.description.abstractKeberhasilan suatu tujuan pendidikan sangat dipengaruhi oleh keberhasilan kegiatan belajar di sekolah. Kegiatan belajar mengajar didukung beberapa faktor antara lain: metode pembelajaran yang digunakan guru; penggunaan alat peraga/media pembelajaran dapat manarik perhatian siswa. Berawal dari perhatian tehadap pelajaran dapat menggugah minat siswa untuk lebih aktif dalam aktivitas belajar, siswa memperoleh pengalaman yang tidak akan terlupakan. Maka dari itulah siswa dituntut aktif dalam pembelajaran. Rendahnya keaktifan siswa dalam pembelajaran dapat disebabkan oleh: metode pembelajaran yang digunakan guru kurang menarik; penggunaan alat peraga/media pembelajaran yang jarang sekali digunakan sehingga kurang menarik perhatian siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran. Pembelajaran menggunakan media gambar ialah pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Dengan media gambar dapat membantu siswa dalam mengetahui sesuatu hal yang belum diketahui sehingga menarik perhatian siswa, dapat mempermudah siswa untuk memahami materi yang diajarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian dilakukan di SD Negeri Tegal Gede 01 Jember. Subjek penelitian yaitu di kelas IV A dengan jumlah 33 siswa. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Hopkins dengan tahap penelitian yang meliputi perencanaan, tindakan, obsevasi, dan refleksi. Data-data yang diperoleh yang diperoleh dalam penelitian ini dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan dadanya peningkatan aktivitas belajar siswa dibandingkan pembelajaran sebelumnya. Berdasarkan data aktivitas siswa, prosentase keaktifan siswa pada siklus I 65% dan siklus II 75%. Dari hasil yang telah dilakukan keaktifan siswa meningkat 10%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan media gambar dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi pada kelas IV A SD Negeri Tegal Gede 01 Tahunajaran 2011/2012en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210274041;
dc.subjectPENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA, MEDIA GAMBARen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI DAN TRANSPORTASI DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV A SD NEGERI TEGAL GEDE 01 JEMBER TAHUN AJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record