Show simple item record

dc.contributor.authorLULUK ISNAENI
dc.date.accessioned2014-01-24T01:02:06Z
dc.date.available2014-01-24T01:02:06Z
dc.date.issued2014-01-24
dc.identifier.nimNIM070210274006
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22981
dc.description.abstractKegiatan belajar bersama dapat membantu memacu belajar aktif. Kegiatan belajar dan mengajar di kelas memang dapat menstimulasi belajar aktif, namun kemampuan untuk mengajar melalui kegiatan bersama kelompok kecil akan memungkinkan untuk mengalakkan kegiatan belajar aktif dengan cara khusus. Apa yang didiskusikan siswa dengan teman-temannya dan apa yang diajarkan siswa kepada teman-temannya memungkinkan mereka untuk memperoleh pemahaman dan penguasaan materi pelajaran. Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar PKn dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model Team Game Tournament? (b) Seberapa besar pengaruh metode pembelajaran kooperatif terhadap motivasi belajar PKn?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar PKn setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif (b) Ingin mengetahui seberapa besar pengaruh metode pembelajaran kooperatif terhadap motivasi belajar PKn (c) Memberikan gambaran metode pembelajaran yang tepat dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, reflesks dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Klampokarum Kecamatan Tekung-Lumajang semester genap tahun pelajaran 2009/2010. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar-mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu siklus I (66,67%), siklus II (90,00%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Klampokarum Kecamatan Tekung-Lumajang semester genap tahun pelajaran 2009/2010 serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran PKn.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210274006;
dc.subjectMETODE KOOPERATIF LEARNING MODEL TEAM GAME TOURNAMENTen_US
dc.subjectPkn, Metode Pembelajaran Kooperatif Learningen_US
dc.titleUPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn DENGAN METODE KOOPERATIF LEARNING MODEL TEAM GAME TOURNAMENT PADA SISWA KELAS IV SDN KLAMPOKARUM LUMAJANG SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2009/2010en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record