Show simple item record

dc.contributor.authorLilik Mardiana
dc.date.accessioned2014-01-24T00:50:19Z
dc.date.available2014-01-24T00:50:19Z
dc.date.issued2014-01-24
dc.identifier.nimNIM080210204295
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22946
dc.description.abstractPembelajaran Matematika di kelas II SDN Slateng 03 Jember tahun pelajaran 2011/2012 cenderung masih menggunakan metode konvensional yaitu ceramah dan penugasan saja, hal ini menyebabkan siswa kurang aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas sehingga berakibat terhadap rendahnya hasil belajar. Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah pembelajaran Matematika tersebut adalah melalui Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Permainan Pilih Jawaban bernuansa Gasing (Gampang, Asyik dan Menyenangkan), sehingga siswa terlibat secara langsung dan aktif dalam proses pembelajaran. Guru berperan sebagai motivator dan fasilitator bagi siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah peningkatan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas II SDN Slateng 03 dalam pembelajaran Matematika dengan menerapkan Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Permainan Pilih Jawaban bernuansa Gasing?”. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas II SDN Slateng 03 dalam pembelajaran Matematika dengan menerapkan Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Permainan Pilih Jawaban bernuansa Gasing . Penelitian ini dilaksanakan di SDN Slateng 03 Jember pada siswa kelas II sebanyak 27 orang siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model skema Hopkins dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap ix yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktifitas belajar siswa selama pembelajaran Matematika menggunakan Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Permainan Pilih Jawaban bernuansa Gasing mengalami peningkatan. Persentase aktifitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I mencapai 59,88% (kategori sedang), dan pada siklus II mencapai persentase 79,32%, (kategori aktif). Hasil belajar siswa selama pembelajaran Matematika menggunakan metode penemuan mengalami peningkatan. Persentase hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 70,37%, sedangkan pada siklus II mencapai 88,89 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Permainan Pilih Jawaban bernuansa Gasing dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas II SDN Slateng 03 pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan perkalian bilangan satu sampai lima. Saran untuk penelitian ini bagi guru, diharapkan untuk menerapkan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa agar hasil belajar yang dicapai oleh siswa dapat meningkat dan dapat memenuhi KKM.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204295;
dc.subjectPeningkatan Aktifitas Dan Hasil Belajar Perkalian Bilangan Satu- Lima Melalui Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Permainan Pilih Jawaban bernuansa Gasingen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR PERKALIAN BILANGAN SATU-LIMA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE PERMAINAN PILIH JAWABAN BERNUANSA GASING KELAS II SD NEGERI SLATENG 03 TAHUN 2011-2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record