Show simple item record

dc.contributor.authorLUSIANA INDAH SAPUTRI
dc.date.accessioned2014-01-24T00:41:35Z
dc.date.available2014-01-24T00:41:35Z
dc.date.issued2014-01-24
dc.identifier.nimNIM080210204272
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22925
dc.description.abstractIPS merupakan integrasi dari berbagai cabang ilmu-ilmu sosial, seperti sosiologi, antropologi budaya, psikologi sosial, sejarah, geografi, ekonomi, ilmu politik, dan sebagainya. Penerapan metode yang kurang inovatif yaitu hanya memakai metode ceramah dan pemberian tugas pada saat kegiatan belajar mengajar mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Penggunaan metode Bermain Peran (Role Playing) ini sengaja peneliti pilih karena ingin menciptakan suasana kelas menjadi aktif dan menyenangkan. Metode Bermain Peran (Role Playing) adalah suatu teknik atau cara agar para guru dan siswa memperoleh penghayatan nilai-nilai dan perasaan. Rumusan masalah yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa setelah penerapan metode pembelajaran Bermain Peran (Role Playing) mata pelajaran IPS pokok bahasan Usaha dan Kegiatan Ekonomi di Indonesia pada siswa kelas V SDN Purwoasri 03 Gumukmas Kabupaten Jember?. Tujuan penelitian yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS pokok bahasan Usaha dan Kegiatan Ekonomi di Indonesia melalui penerapan metode bermain peran (Role Playing) pada siswa kelas V SDN Purwoasri 03 Gumukmas. Penelitian ini dilakukan di SDN Purwoasri 03 Gumukmas Kabupaten Jember. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa 24 yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Metode analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistic deskriptif. Data yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara dianalisa secara kuantitatif, untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa dalam kelas sebagai tindakan. Data hasil tes dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan statistic deskriptif mengetahui rata-rata kemampuan setelah dilakukan pembelajaran. Hasil analisis digunakan dengan menghitung persentase jumlah siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 (ketuntasan secara klasikal). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bermain peran (Role Playing) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Purwoasri 03 Gumukmas Kabupaten Jember pada mata pelajaran IPS pokok bahasan usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia semester ganjil tahun pelajaran 2011-2012. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari skor rata-rata yang diperoleh pada siklus I adalah 60,6% dan pada siklus II mendapat skor 84,4%. Hal ini berarti aktivitas belajar siswa meningkat dari kriteria cukup aktif menjadi sangat aktif. Peningkatan pada hasil belajar juga menjadi baik yang dibuktikan dengan ketuntasan 70,8% pada siklus I dan pencapaian ketuntasan 87,5% pada siklus II, sehingga penelitian ini dikatakan berhasil. Kesimpulan penelitian adalah adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2 sehingga penelitian dikatakan berhasil. Penelitian ini merupakan tambahan pengalaman yang sangat berharga yang dapat dijadikan sebagai bekal untuk terjun ke dunia pendidikan dan sebagai masukan dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran IPS.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204272;
dc.subjectMETODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING)en_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN USAHA DAN KEGIATAN EKONOMI DI INDONESIA MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) DI SDN PURWOASRI 03 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record