dc.description.abstract | Pendidikan karakter diprogramkan secara sistemik dan terintegrasi. Hal ini
sejalan dengan kebijakan pemerintah sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden
nomor 29 Tahun 2010 tentang Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa.
Sosialisasi dan pemberian contoh pelaksanaan pendidikan karakter telah dilakukan
pada pihak yang terkait penyelenggaraan pendidikan di setiap tingkat satuan
pendidikan. Untuk melaksanakan fungsi dan tujuan pendidikan karakter, terdapat
Permendiknas No. 23/2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan yang secara formal
sudah digariskan untuk masing-masing jenis atau satuan pendidikan. Pada setiap
rumusan Standar Kompetensi Lulusan, Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
secara implisit atau eksplisit termuat substansi nilai atau karakter (Kemdiknas,
2010a: 38). Hal tersebut sebagai dasar bagi guru untuk melaksakan pembelajaran
dengan mengimplementasikan RPP berkarakter. Rumusan masalah penelitian adalah:
(1) bagaimana implementasi RPP berkarakter oleh guru biologi SMA Negeri di
Jember?; (2) Adakah hubungan antara implementasi RPP berkarakter oleh guru
biologi terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri di Jember?. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui implementasi RPP berkarakter oleh guru biologi dalam
penyusunan, penilaian, pembelajaran dan hubungannya terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari sampai bulan April 2012. Penelitian
ini merupakan penelitian diskriptif korelasi bersifat ex post facto karena penggalian
data yang dilakukan merupakan peristiwa yang terjadi tanpa memberikan perlakuan
pada variabel. Desain penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dan
kuantitatif. Teknik pengambilan data dengan metode wawancara, observasi kelas, dokumentasi RPP guru dan hasil belajar siswa. Hasil data dianalisis dengan
menghitung jumlah total, rerata, frekuensi, dan analisis korelasi untuk mengetahui
tingkat tinggi rendahnya hubungan antar variabel.
Hasil penelitian ini menunjukkan penyusunan RPP berkarakter dan penilaian
belajar guru biologi di Jember memiliki fc sebesar 72.92% sehingga dikategorikan
cukup baik. Wawancara untuk mengetahui penyusunan RPP berkarakter, pelaksanaan
pembelajaran, penilaian hasil belajar siswa dan upaya mengimplementasikannya,
hasil wawancara menunjukkan bahwa sebagian besar guru memiliki jawaban sama
tetapi terdapat perbedaan pada karakter yang dikembangkan dan upaya melaksanakan
RPP berkarakter. Kegiatan pembelajaran di kelas berdasarkan RPP berkarakter guru
memiliki fc sebesar 87,97% dan berdasarkan pedoman observasi memiliki fc sebesar
91,21% sehingga dikategorikan sangat baik. Hasil analisis korelasi menunjukkan
bahwa terdapat korelasi yang signifikan/sangat tinggi antara RPP berkarakter guru
biologi di Jember terhadap hasil belajar kognitif dengan nilai korelasi sebesar 86,70%
(P=0,025) dan berkorelasi tidak signifikan atau berkorelasi rendah dengan hasil
afektif siswa dengan nilai korelasi sebesar 11,50% dengan nilai signifikasi 0,828
(P>0,05). sedangkan pelaksanaan pembelajaran berkorelasi tidak signifikan dengan
hasil belajar kognitif maupun hasil belajar afektif karena nilai signifikasi keduanya
masing-masing sebesar 0,362 dan 0,260 atau P>0,05 dengan nilai korelasi masingmasing
sebesar 52,6% (r=0,526) dan 62,4% (r=0,624), besarnya koefisien korelasi (r)
menunjukkan adanya hubungan yang cukup tinggi.
Kesimpulan penelitian ini adalah penyusunan RPP berkarakter guru biologi dan
penilaiannnya dikategorikan cukup baik. Untuk kegiatan pembelajaran di kelas
dengan pedoman observasi dikategorikan sangat baik. Terdapat korelasi yang
signifikan antara RPP berkarakter guru biologi di Jember terhadap hasil kognitif dan
berkorelasi tidak signifikan dengan hasil afektif siswa, sedangkan pelaksanaan
pembelajaran berkorelasi tidak signifikan dengan hasil kognitif maupun afektif siswa. | en_US |