Show simple item record

dc.contributor.authorYUNI SISWATI
dc.date.accessioned2014-01-24T00:30:07Z
dc.date.available2014-01-24T00:30:07Z
dc.date.issued2014-01-24
dc.identifier.nimNIM080210274088
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22886
dc.description.abstractPembelajaran menulis pantun di Kelas IV b di SDN Kepatihan 03 selama ini kurang menggemberikan. Dalam pembelajaran menulis pantun guru hanya membacakan salah satu pantun dalam buku paket atau LKS, setelah guru selesai membaca kemudian guru menyuruh siswa untuk membacakannya di depan kelas dan siswa tidak diberi kesempatan untuk menulis pantun dengan bahasa dan kata-kata siswa sendiri. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Meningkatkan kemampuan menulis pantun dengan menggunakan permainan susun kata dan pemodelan yang terdapat di Kelas IV b di SDN Kepatihan 03 Jember, 2) Meningkatkan kemampuan menulis pantun siswa di Kelas IV b di SDN Kepatihan 03 Jember melalui permainan susun kata dan pemodelan. Penelitian ini dilaksanaan di SDN Kepatihan 03 Jember Kelas IV yang terdiri dari 45 siswa, 25 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, tes dan dokumentasi teknis. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif untuk menganalis data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan deskriptif kuantitatif untuk menganalis tes individu. Pengambilan data mulai dilakukan tanggal 14 Januari 2011 dan 22 Januari 2011. Hasil pembelajaran menulis pantun melalui permainan susun kata dan pemodelan adalah pada pra siklus prosentase hasil aktivitas siswa dengan kriteria baik sebesar 25%, siklus I sebesar 50%, siklus II sebesar 75%. Dari hasil tes akhir yang dilakukan siswa terdapat 4 siswa yang tidak tuntas, 12 siswa sudah tuntas. Dengan demikian kemampuan menulis pantun melalui permainan susun kata dan pemodelan dapat meningkatkan aktivitas dan kreatifitas bahkan meningkatkan prestasi siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diajukan saran atau rekomendasi meningkatkan kemampuan menulis pantun melalui permainan susun kata dan pemodelan agar dapat meningkatkan aktivitas dan kreativitas belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210274088;
dc.subjectPermainan Susun Kataen_US
dc.titleMeningkatkan Kemampuan Menulis Pantun Melalui Permainan Susun Kata dan Pemodelan pada Siswa Kelas IV b di SDN Kepatihan 03”.en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record