Show simple item record

dc.contributor.authorYuni Setiowati
dc.date.accessioned2014-01-24T00:27:46Z
dc.date.available2014-01-24T00:27:46Z
dc.date.issued2014-01-24
dc.identifier.nimNIM090210204070
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22874
dc.description.abstractPengajaran matematika di Sekolah Dasar (SD) merupakan bagian dari mata pelajaran yang harus ada di SD. Berdasarkan wawancara dan observasi awal, serta data yang diperoleh dari guru kelas IVA SDN Ajung 03 pada pembelajaran matematika di SDN Ajung 03, guru kelas IV A menggunakan metode ceramah dan penugasan saja dalam mengajar, serta media yang dipakai hanya media gambar sehingga menimbulkan kejenuhan dalam diri siswa. Hal ini menyebabkan siswa merasa bosan terhadap pelajaran matematika, sehingga mempengaruhi hasil belajar matematika siswa, serta hasil ulangan harian siswa pada materi operasi hitung bilangan diperoleh sekitar 44% siswa tidak tuntas karena memperoleh nilai di bawah 70. Untuk mengatasi hal tersebut, guru memilih media pembelajaran yang dikombinasikan dengan metode mengajar untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika dengan harapan agar siswa aktif dan tertarik pada pelajaran matematika, serta suasana pembelajaran yang menyenangkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui penerapan metode buzz group dengan permainan monopoli pada siswa kelas IVA SDN Ajung 03 Jember. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui penerapan metode buzz group dengan permainan monopoli pada siswa kelas IVA SDN Ajung 03 Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian yang digunakan adalah skema model Hopkins meliputi xii perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVA SDN Ajung 03 Jember yang berjumlah 36 siswa. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan metode tes. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa pembelajaran melalui metode buzz group disertai permainan monopoli dengan baik dan lancar. Peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran ini dapat dilihat dari persentase aktivitas siswa siklus 1 yaitu berdiskusi dengan anggota kelompok maupun kelompok lain 70,84%, mendengarkan presentasi dari kelompok lain 84,26%, mengerjakan soal-soal pada petak-petak permainan monopoli 73,61%, dan melakukan permainan monopoli 80,56%. Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus 2 yaitu berdiskusi dengan anggota kelompok maupun dengan kelompok lain 83,34%, mendengarkan presentasi dari kelompok lain 91,21%, mengerjakan soal-soal pada petak monopoli 76,85%, dan melakukan permainan monopoli 93,06%. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus 1 secara klasikal sebesar 79,17% dan pada siklus 2 sebesar 87,50. Dengan demikian, hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 8,33%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan metode buzz group dengan permainan monopoli materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV A SDN Ajung 03 Jember dari siklus 1 ke siklus 2, serta dapat berjalan dengan baik dan lancar. Saran dari penelitian ini adalah metode dan media pembelajaran dalam penelitian ini dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pemilihan metode dan media pembelajaran di kelas dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan mutu pendidikan di sekolah tersebut, guru harus berhati-hati dalam membimbing dan memberikan pengarahan kepada siswa untuk melaksanakan proses pembelajaran dengan metode buzz group disertai permainan monopoli agar siswa dapat melakukan permainan monopoli dengan baik dan benar, serta hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan untuk melaksanakan penelitian yang sejenis.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204070;
dc.subjectMetode Buzz Groupen_US
dc.title”Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat dengan Metode Buzz Group disertai Permainan Monopoli pada Siswa Kelas IVA SDN Ajung 03 Jember”en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record