• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KENAMPAKAN ALAM MELALUI PENGGUNAAN PETA BUATAN DALAM MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN PANGTONGGAL II PAMEKASAN

    Thumbnail
    View/Open
    SUNARTO.pdf (117.9Kb)
    Date
    2014-01-24
    Author
    SUNARTO
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pemanfaatan media dalam kegiatan pembelajaran sangat penting untuk menkonkritkan materi-materi yang abstrak, karena usia anak Sekolah dasar berada pada tahap operasional konkrit. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang selama ini dilakukan peneliti di SDN Pangtonggal II Pamekasan hanya dengan menggunakan media papan tulis dan buku sumber. Oleh karena itu, ketuntasan hasil belajar siswa rendah yang disebabkan karena kemampuan guru dalam penerapan metode pembelajaran yang kurang tepat yakni pembelajaran yang berpusat pada guru, guru tidak menggunakan sarana dan prasarana yang mendukung dalam pembelajaran. Mengingat pentingnya media dalam pembelajaran, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mengetahui kenampakan alam dengan menggunakan media peta buatan pada siswa kelas IV SDN Pangtonggal II Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan 2009/2010. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Pangtonggal II Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan tahun pelajaran 2009/2010 dengan jumlah siswa 25 orang. Sumber data penelitian yang diperlukan antara lain: untuk mengetahui hasil belajar siswa dipergunakan test esay yang dibuat peneliti sebanyak 10 soal untuk tiap siklusnya. Untuk mengetahui aktivitas siswa saat proses pembelajaran dengan menggunakan media peta buatan dipergunakan beberapa pedoman observasi yang dilakukan oleh supervisor. Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah : hasil penelitian pada siklus 1 jumlah siswa yang tuntas 18 orang siswa dengan ketuntasan klasikal 72% berada dalam kategori belum tuntas. Pada siklus 2 jumlah siswa yang tuntas 22 orang siswa dengan ketuntasan klasikal 88% termasuk kategori tuntas. Dengan demikian bila kita lihat dan kita bandingkan pembelajaran sebelum dan sesudah menggunakan media, maka pembelajaran menggunakan media dapat meningkatkan kualitas hasil belajar, siswa dikategorikan mampu mengenal kenampakan alam dengan menggunakan media peta buatan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22844
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository