dc.description.abstract | Kenyataan yang terjadi menunjukkan bahwa pembelajaran Matematika di SD hanya untuk tujuan yang sesuai dengan kurikulum, Guru cenderung menggunakan teknik pembelajaran yang monoton sehingga membuat siswa kurang menyenangi pelajaran Matematika dan akibatnya hasil belajar menjadi rendah.
Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui penerapan pembelajran matematika realistik pokok bahasan perkalian untuk siswa kelas II SDN Gesang 01 (2) untuk mengetagui aktivitas siswa dan guru dalam menerapkan pembelajaran matematika realistik pokok bahasan perkalian untuk siswa kelas II SDN Gesang 01 (3) untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa telah mengikuti pembelajaran matematika realistik pokok bahasan perkalian untuk siswa kelas II SDN Gesang 01
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Gesang 01 yang terdiri dari 34 siswa , 21 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 8 kelompok yang hiterogen. Penelitian ini menggunakan penelitian kulitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode Demonstrasi data melalui observasi, wawancara, tes, dokumentasi teknis. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kulitatif untuk menganalisis data berupa observasi, wawncara dan dokumentasi, sedangkan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis tes individu. Pengambilan data mulai dilakukan tanggal 26 Januari 2010 sampai 27 Juni 2010 dengan subjek penelitian siswa kelas II SDN Gesang 01 Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang. Data yang dikumpulkan berupa aktifitas siswa, aktifitas guru, dan tes individu. Berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa presentase aktivitas siswa selama pembelajaran perkalian dengan menggunakan metode Demonstrasi adalah : Pada siklus I prosentase hasil aktivitas siswa dengan criteria baik sebesar 65%; siklus II sebesar 91%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktifitas dan hasil belajar pada materi penerapan pembelajaran matematika realistik pokok bahasan perkalian dapat menciptakan pembelajaran yang aktif dan merangsang siswa untuk lebih berani mengungkapkan pendapat, memotifasi siswa untuk meningkatkan hasil belajar serta dapat meningkatkan keakraban siswa. | en_US |