Show simple item record

dc.contributor.authorBAMBANG SISWANTO
dc.date.accessioned2014-01-24T00:00:19Z
dc.date.available2014-01-24T00:00:19Z
dc.date.issued2014-01-24
dc.identifier.nimNIM070210274050
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22785
dc.description.abstractAgar dapat mengajar efektif, guru harus meningkatkan kesempatan belajar bagi siswa (kuantitas) dan meningkatkan mutu (kualitas) mengajarnya. Kesempatan belajar siswa dapat ditingkatkan dengan cara melibatkan siswa secara aktif dalam belajar. Hal ini berarti kesempatan belajar makin banyak dan optimal serta guru menunjukkan keseriusan saat mengajar. Makin banyak siswa yang terlibat aktif dalam belajar, makin tinggi kemungkinan prestasi belajar yang dicapainya. Sedangkan dalam meningkatkan kualitas dalam mengajar hendaknya guru mampu merencanakan program pengajaran dan sekaligus mampu pula melakukan dalam bentuk interaksi belajar mengajar. Penelitian berdasarkan permasalahan, (a) Bagaimana perbedaan antara hasil pre-test dan pos-test pada siswa kelas V semester II SDN Ranuwurung 01 yang diajar dengan pembelajaran kooperatif model Jigsaw?(b) Bagaimana efektifitas penggunaan pembelajaran kooperatif model jigsaw? (c) Berapa besar retensi belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran Tujuan penelitian tindakan ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran kooperatif. (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode pembelajaran kooperatif. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Ranuwurung 01. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (52%), siklus II (92%), Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa kelas V SDN Ranuwurung 01, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran IPS.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210274050;
dc.subjectpersiapan kemerdekaan Indonesia, pembelajaran kooperatifen_US
dc.titlePENINGKATAN HASIL BELAJAR PERSIAPAN KEMERDEKAAN INDONESIA DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW PADA SISWA KELAS V SDN RANUWURUNG 01en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record