Show simple item record

dc.contributor.authorYunis Adityarini;
dc.date.accessioned2014-01-23T23:50:25Z
dc.date.available2014-01-23T23:50:25Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM060210193250
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22754
dc.description.abstractProses belajar mengajar yang berkembang di kelas umumnya ditentukan oleh peran guru dan siswa sebagai individu yang terlibat langsung didalam proses tersebut. Siswa seringkali mengalami kesulitan dalam memahami konsep, untuk itu selama proses kegiatan belajar berlangsung bantuan guru sangat diperlukan. Proses pembelajaran yang berlangsung cenderung berpusat pada guru (teacher centered), metode yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran kurang bervariasi sehingga siswa tidak dapat mengembangkan kemampuan yang dimilikinya dan membuat siswa kurang mempunyai kemandirian belajar dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Siswa selalu menunggu perintah dari guru untuk melakukan suatu tindakan. Peran serta siswa belum menyeluruh dan hanya didominasi oleh siswa-siswa tertentu saja. Kondisi tersebut menimbulkan kejenuhan dan berdampak pada hasil belajar siswa. Permasalahan yang dapat dirumuskan yaitu adakah peningkatan motivasi dan hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran quantum learning dengan media flashcard pada siswa Kelas X SMA Negeri 1 Purwoharjo-Banyuwangi Tahun Pelajaran 2011/2012. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi menggunakan model pembelajaran quantum teaching dengan media flashcard. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Tempat penelitian di SMA Negeri 1 Purwoharjo-Banyuwangi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X5 semester genap tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian dilaksanakan pada bulan April-Juni 2012. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Data-data yang diambil viii dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Pengukuran motivasi dengan angket ARCS yang diberikan pada sikllus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa kelas X5 dengan menggunakan model pembelajaran quantum tlearning dengan media flashcard. hal tersebut ditunjukkan dengan peningkatan pada aspek attention sebesar 1,19; relevance 0,33; confidence 0,64 dan satisfaction 0,95. Hasil penelitian juga menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran quantum teaching dan media flashcard. Pada aspek kognitif peningkatan sebesar 2,8%, aspek afektif sebesar 1,7% dan pada aspek psikomotor sebesar 0,92%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X5 SMA Negeri 1 Purwoharjo-Banyuwangi dalam penerapan model pembelajaran quantum teaching dengan media flashcard.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210193250;
dc.subjectQuantum Learningen_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Quantum Learning dengan Media Flashcard untuk Meningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Purwoharjo-Banyuwangi Tahun Pelajaran 2011/2012(Pokok Bahasan Animalia);en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record