Show simple item record

dc.contributor.authorLia Nur Isnaini
dc.date.accessioned2014-01-23T23:48:38Z
dc.date.available2014-01-23T23:48:38Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM070210204154
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22747
dc.description.abstractObservasi awal menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Sugerlor 3 Bondowoso masih kurang. Dari segi metode yang digunakan oleh guru, metode yang digunakan kurang bervariasi yaitu ceramah, tanya jawab dan penugasan. Selain itu minat siswa untuk belajar IPS sangat kurang. Dengan mempertimbangkan karakteristik materi, karakteristik siswa dan kemampuan guru melaksanakan metode, peneliti menggunakan metode Cooperative Script untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V di SDN Sugerlor 3 Bondowoso pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Peristiwa-Peristiwa Mempertahankan Kemerdekaan RI pada Tahun Pelajaran 2010/2011. Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas, metode Cooperative Script memiliki banyak kelebihan yang sangat cocok dengan materi tersebut, pelaksanaan metode Cooperative Script melibatkan 4 kemampuan siswa sekaligus, yaitu kemampuan membaca (pemahaman), kemampuan menulis, kemampuan mendengarkan (menyimak) dan kemampuan berbicara. Sehingga pembelajarannya akan lebih bermakna dan menantang bagi siswa. Berdasarkan alasan yang telah dikemukakan, penelitian ini mengangkat permasalahan: Bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V melalui penerapan metode Cooperative Script pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Peristiwa-peristiwa mempertahankan kemerdekaan RI di SDN Sugerlor 3 Bondowoso pada tahun pelajaran 2010/2011?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V melalui penerapan metode Cooperative Script pada mata pelajaran IPS pokok x bahasan Peristiwa-peristiwa mempertahankan kemerdekaan RI di SDN Sugerlor 3 Bondowoso pada Tahun Pelajaran 2010/2011. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa selama pembelajaran yang menggunakan metode Cooperative Script sangat baik, pelaksanaan di tiap siklusnya menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan. Pada siklus I aktivitas siswa masih termasuk dalam kategori cukup aktif kemudian pada siklus II aktivitas siswa meningkat dan termasuk dalam kategori aktif. Sedangkan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari tahap prasiklus sampai kesiklus akhir yaitu siklus II. Pada prasiklus rata-rata hasil belajar siswa adalah 63,3, kemudian meningkat pada siklus I menjadi 74,4. Pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa kelas V meningkat lagi menjadi 78,4. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode Cooperative Script dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V pada pokok bahasan peristiwa-peristiwa mempertahankan kemerdekaan RI di SDN Sugerlor 3 Bondowoso pada tahun Pelajaran 2010/2011. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diberikan saran, bagi guru: penerapan metode Coopertive Script dapat dijadikan salah satu alternatif metode untuk diterapkan di kelas dan juga sebagai motivasi bagi guru untuk menerapkan metode-metode yang bervariatif dalam pembelajaran, dalam penerapan metode Cooperative Script maupun metode-metode lain sebaiknya semua siswa memahami langkah-langkah yang harus dilakukan dalam kegiatan agar pembelajaran berjalan baik dan lancar. Bagi peneliti lain, perlu pelaksanaan penelitian lebih lanjut mengenai metode Cooperative Script serta mengkombinasikan dengan metode lain agar tujuan pembelajaran tercapai.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204154;
dc.subjectPenerapan Metode Cooperative Script untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Peristiwa- Peristiwa Mempertahankan Kemerdekaan RI di SDN Sugerlor 3 Bondowoso pada Tahun Pelajaran 2010/2011en_US
dc.titlePENERAPAN METODE COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERISTIWAPERISTIWA MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN RI DI SD NEGERI SUGERLOR 3 BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record