dc.description.abstract | Kenyataan yang terjadi menunjukkan bahwa pembelajarandi SD hanya ntuk tujuan yang sesuai dengan kurikulum, guru cenderung menggunakan teknik pembelajaran yang monoton sehingga membuat siswa kurang menyenangi pelajaran IPA dan akibatnya hasil belajar siswa menjadi rendah.
Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui penerapan pembelajaran IPA yang realistic pokok bahasan gaya untuk siswa kelas IV SDN Kepatihan Banyuwangi. (2) untuk mengetahui aktivitas siswa dan guru dalam menerapkan pembelajaran IPA secara realistic pokok bahasan gaya ketuntasan belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran IPA pokok bahasan gaya untuk siswa kelas IV.
Penelitian ini di laksanakan di SDN Kepatihan yang terdiri dari 40 siswa. 24 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan, Siswa dibagi menjadi 6 kelompok yang hiterogen. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes dan dan dokumentasi teknis. Teknis analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kuantitatif untuk menganalisis data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan deskriptif kuantitatif untuk menganalisistes indifidu.Pengambilan data mulai dilakukan tanggal 10 2010 untuk siklus I dan tanggal 15 februari 2010 untuk siklus II dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Kepatihan kecamatan Banyuwangi,kabupaten Banyuwangi.Data yang di kumpulkan berupa aktifitas siswa,aktifitas guru.dan tes indifidu.Berdasarkan data yang telah di peroleh dari hasil obserfasi di ketahui bahwa persentase aktifitas siswa selama pembelajaran IPA dengan menggunakan Media audio visual dengan metode diskusi adalah:pada siklus I prosentase hasil aktifitas siswa dengan criteria baik sebesar 60 %,siklus II sebesar 92,5 % dari hasil tes akhir yang dilakukan siswa, terdapat 25% siswa dengan kriteria hasil belajar kurang, 15% dengan kriteria hasil belajar cukup,.Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa presentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 90%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktifitas dan hasil belajar pada materi penerapan pembelajaran IPA pokok bahasan gaya dapat menciptakan pembelajaran yang aktif dan merangsang siswa untuk lebih berani mengungkapkan pendapat, memotifasi siswa untuk meningkatkan hasil belajar serta dapat meningkatkan keakraban siswa dalam kelompoknya. | en_US |