dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil
belajar Sains siswa dengan Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Sains melalui
Media Permainan Puzzle Pada Siswa Kelas V SD Negeri Karangrejo 03 Jember .
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau Action Research.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar sains siswa
mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, persentase aktivitas
siswa pada siklus I sebesar 49,33% dan siklus II mengalami peningkatan menjadi
66,67%. Peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 17,34%.
Sedangkan hasil belajar pada siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 63, siklus II
meningkat menjadi 67,80 Peningkatan nilai rata-rata kelas dari siklus I ke siklus II
sebesar 4,80. Hasil belajar Sains siswa dapat mecapai ketuntasan sesuai Kriteria
Ketuntasan Minimal 65 dengan persentase ketuntasan hasil belajar siklus I
sebesar 52%, siklus II meningkat menjadi 84%. Peningkatan persentase ketuntasan
hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 32%. | en_US |