dc.contributor.author | PENI WIDYASTUTI | |
dc.date.accessioned | 2014-01-23T14:00:16Z | |
dc.date.available | 2014-01-23T14:00:16Z | |
dc.date.issued | 2014-01-23 | |
dc.identifier.nim | NIM060210274074 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22599 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan membaca siswa kelas 1 SDN Mlokorejo 05 Puger tahun 2009/2010. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri Mlokorejo 05 Puger tahun pelajaran 2009-2010 dengan jumlah siswa 25 anak. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam 2 siklus dan setiap akhir pembelajaran dilakukan evaluasi akhir. Data dikumpulkan melalui metode tes, observasi dan wawancara.
Hasil observasi di prasiklus dari 25 siswa hanya 10 siswa yang mampu membaca lancar ( nilainya diatas 60 ), sisanya belum lancar membaca ( nilai rata-ratanya 51,64 berarti daya serap terhadap mata pelajaran bahasa Indonesia membaca permulaan hanya sebesar 40%. Hasil penelitian pada siklus 1 jumlah siswa yang mulai terampil/mampu membaca 12 siswa dengan ketuntasan klasikal 52% berada dalam kategori belum tuntas/belum terampil membaca. Pada siklus 2 jumlah siswa yang mulai terampil/mampu membaca 20 siswa dengan ketuntasan klasikal 80% termasuk kategori tuntas/sudah mampu membaca. Dengan demikian bila kita lihat dan kita bandingkan pembelajaran sebelum dan sesudah menerapkan permainan bahasa dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 060210274074; | |
dc.subject | MEMBACA PERMULAAN, LANGUAGE GAMES | en_US |
dc.title | PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENERAPKAN PERMAINAN BAHASA (LANGUAGE GAMES) PADA SISWA KELAS I SDN MLOKOREJO 05 PUGER - JEMBER TAHUN 2009/2010 | en_US |
dc.type | Other | en_US |