dc.description.abstract | Motivasi belajar siswa yang rendah pada mata pelajaran IPS berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Salah saru faktor yang mempengaruhinya adalah kurangnya pemanfaatan media pembelajaran untuk membangkitkan motivasi belajar siswa. Media gambar merupakan media pembelajaran yang dapat mengkonkritkan pesan- pesan dan hal- hal yang bersifat abstrak. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas dalam proses pembelajaran IPS yang dilakukan diperoleh informasi bahwa tingkat motivasi belajar siswa berada pada taraf rendah. Hasil observasi yang dilakukan peneliti sebelum pelaksanaan tindakan menemukan bahwa kurangnya motivasi siswa dikarenakan cara guru menyajikan materi kurang menarik, tanpa menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik perkembangan anak, penggunaan metode dan pendekatan- pendekatan yang kurang efektif, sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang tidak memuaskan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan media gambar.
Penelitian ini dilakukan di SDN Mangaran 05 Kecamatan Ajung Kabupaten Jember. Subyek penelitian yaitu di kelas IV dengan jumlah siswa sebanyak 34 siswa. Sumber data primer diperoleh dari siswa kelas IV dan guru kelas IV, sedangkan data sekunder diperoleh dari guru kelas IV. Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah model skema spiral dari model Kemmis & mc. Taggart dengan tahap penelitian tindakan yang meliputi perencanaan tindakan (planning), penerapan tindakan (action), mengobservasi dan mengevaluasi proses dan hasil tindakan (observation and evaluation), dan melakukan refleksi (reflecting), dan seterusnya sampai perbaikan atau peningkatan yang diharapkan tercapai kriteria keberhasilan). Metode yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Motivasi belajar siswa sebelum tindakan masih rendah, sedangkan hasil belajar siswa menunjukkan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 38, 9 %. Motivasi belajar siswa pada siklus 1 rata- rata tingkat motivasi siswa meningkat menjadi 2, 05 dengan kriteria sedang, dan hasil belajar siswa meningkat dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 63, 89%. Pada siklus II, motivasi dan hasil belajar siswa semakin meningkat dengan skor rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 2, 81 dengan kriteria tinggi. Peningkatan tersebut searah dengan peningkatan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 83, 33%.
Kesimpulan yang dapat diperoleh dari hasil penelitian ini adalah terjadinya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi di kelas IV SDN Mangaran 05 Kecamatan Ajung Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2009/2010. | en_US |