• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III-A POKOK BAHASAN GERAK BENDA MELALUI METODE EKSPERIMEN DENGAN MEDIA APE (ALAT PERMAINAN EDUKATIF) DI SDN JEMBER LOR 05 TAHUN PELAJARAN 2010 – 2011

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (73)FKIP_1.pdf (545.6Kb)
    Date
    2014-01-23
    Author
    EITA FITRI RAYASARI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil observasi menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPA masih menggunakan metode konvensional dan jarang menggunakan media belajar. Pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga pembelajaran cenderung membosankan dan hanya sebagai proses transfer pengetahuan dari guru kepada siswa, cara ini membuat siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan terlihat hasil belajar siswa yang masih tergolong rendah. Dengan pembelajaran IPA melalui metode eksperimen dengan media APE (Alat Permainan Edukatif) dapat memberikan pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan bagi siswa, sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk mengkaji peningkatan aktivitas belajar siswa selama proses pemmbelajarana IPA pokok bahasan gerak benda melalui merode eksperimen dengan media APE, (2) untuk mengkaji peningkatan ketuntasan hasil belajar IPA siswa pada pokok bahasan gerak benda melalui metode eksperimen dengan media APE. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Jember Lor 05 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember.Subjek penelitian adalah siswa kelas III-a dengan jumlah 19 siswa yagn terdiri dari 13 laki-laki dan 6 perempuan.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari prasiklus dan berlangsung 2 siklus.Pada siklus 2 yang dilakukan dengan tindakan, terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu : Aktivitas siswa dan ketuntasan hasil belajar, berturut-turut menggunakan rumus : Pa = 100% dan E = 100. Dari analisis data hasil penelitian untuk aktivitas siswa dipero
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22588
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository