Show simple item record

dc.contributor.authorERCIS SICILIA
dc.date.accessioned2014-01-23T09:48:23Z
dc.date.available2014-01-23T09:48:23Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM060210301337
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22508
dc.description.abstractMotivasi belajar yang rendah membuat siswa kelas VIII-3 SMPN 1 Srono merasa kurang bersemangat dalam belajar sehingga berakibat pada hasil belajar yang kurang. Keadaan tersebut dikarenakan penggunaan model pembelajaran yang kurang menarik sehingga siswa tidak memiliki minat dan semnagat belajar. Salah satu model pembelajaran yang dapat membantu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran Group Investigation (GI). Siswa dituntut untuk mencari sendiri jawaban dari bahan-bahan pelajaran yang sudah tersedia dan juga siswa diharuskan untuk dapat bekerjasama dengan teman lainnya dalam kelompok. Siswa juga harus dapat mengkomunikasikan hasil diskusi yang telah dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajara siswa hingga mencapai KKM pada mata pelajaran IPS Terpadu. Berdasarkan rumusan masalah, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII-3 SMPN 1 Srono pada mata pelajaran IPS Terpadu Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Permintaan dan Penawaran serta Terbentuknya Harga Pasar Kelas VIII-3 Semester Genap di SMP Negeri 1 Srono Kabupaten Banyuwangi Tahun Ajaran 2011/2012. Peningkatan motivasi belajar siswa dari rendah menjadi tinggi serta hasil belajar siswa yang diperoleh dari ulangan harian hingga mencapai KKM sebesar 70 dengan ketuntasan secara klasikal sebesar 75%. Penentuan subjek penelitian menggunakan purposive yaitu seluruh siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 1 Srono dan penentuan jumlah subjek penelitian menggunakan populatif yaitu seluruh anggota kelas VIII-3 yang berjumlah 37. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, metode tes, metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatakn motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Motivasi belajar siswa mengalami peningkatan setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I walaupun masih tergolong sedang yaitu sebesar 3,0. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari sebelum tindakan yaitu sebesar 24% menjadi 62%. Pada siklus I sudah terlihat peningkatan hasil belajar walaupun belum mencapai 75%. Pada siklus II, motivasi belajar siswa meningkat dan mencapai kategori tinggi yaitu sebesar 3,6, sedangkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari 62% menjadi 78% yang berarti sudah mencapai ketuntasan secara klasikal. Disini menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan mulai pelaksanaan pada setiap siklus, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII-3 di SMPN 1 Srono pada tahun ajaran 2011/2012.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210301337;
dc.subjectModel Pembelajaran GI (Group Investigation)en_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran GI (Group Investigation) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Terpaduen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record