Show simple item record

dc.contributor.authorRoma Doni Zakaria
dc.date.accessioned2014-01-23T09:06:58Z
dc.date.available2014-01-23T09:06:58Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM070210482005
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22480
dc.description.abstractNovel Gipsi Laut berlatar belakang kehidupan di sekitar laut yaitu di daerah kepulauan Riau. Kata “Gipsi” merupakan istilah dari kelompok pengembara ras Asia di Eropa yang tidak mempunyai rumah dan tempat tinggal yang tetap. Secara keseluruhan makna denotatif Gipsi laut berarti kelompok masyarakat yang mengembara di laut. Humaniora merupakan salah satu unsur ekstrinsik. Humaniora dengan istilah lain “the humanities”, berasal dari bahasa Latin “humanus” artinya manusiawi, berbudaya dan halus (Widagdho, 1999: 15). Berdasarkan kedelapan unsur humaniora, analisis humaniora novel Gipsi Laut yang akan dibahas, yaitu manusia dan cinta kasih, manusia dan penderitaan, serta manusia dan keadilan. Oleh karena itu rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) bagaimanakah struktur novel Gipsi Laut yang meliputi: judul, tema, tokoh dan perwatakan, konflik, latar serta keterjalinannya antarunsur-unsur tersebut?; (2) bagaimanakah kemanusiaan atau humaniora para tokoh cerita yang meliputi: cinta kasih, penderitaan, dan keadilan yang dialami para tokoh dalam novel Gipsi Laut? dan (3) bagaimanakah pemanfaatan kajian humaniora dalam novel Gipsi Laut karya Rahmat Ali sebagai alternatif materi pembelajaran apresiasi sastra di SMA? Teori-teori yang diajukan acuan dalam penelitian meliputi : (1) penelitian sebelumnya yang relevan; (2) pengertian dan jenis-jenis novel; (3) teori struktural (unsur intrinsik); (4) teori humaniora; (5) materi pembelajaran apresiasi sastra di SMA. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Gipsi Laut karya Rahmat Ali yang diterbitkan di Jakarta oleh PT. Raja Grafindo Persada, tahun 2006, cetakan ke-1. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-interpretatif. Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa pemandu pengumpul data dan pemandu analisis data. Prosedur penelitian yang terdiri dari tiga tahap yaitu (1) tahap persiapan; (2) tahap pelaksanaan; (3) tahap penyelesaian. Dalam novel Gipsi Laut terdapat dua tema, yaitu tema mayor dan tema minor. Tema mayor novel ini adalah perjuangan seseorang mencari orang tua kandungnya. Tema ini didukung oleh tema-tema minor, yaitu (1) Seseorang yang mendapat perlindungan dari ayah angkatnya, (2) Seseorang yang mendapatkan kasih sayang dari ibu angkatnya, (3) Penderitaan seseorang yang dipisahkan dengan orang tua kandungnya. Tema-tema minor tersebut mendukung tema mayor, sehingga tercipta kesatuan tematis. Novel Gipsi Laut didukung oleh 27 tokoh cerita, yang terdiri atas seorang tokoh utama dan beberapa tokoh bawahan. Tokoh utama novel ini adalah Indra. Indra berwatak datar atau flat character. Indra memiliki sifat penyayang dan pemaaf. Tokoh tambahan yang mendukung peran tokoh utama adalah Pak Long, Inang, dan Siti Lazuli. Tokoh-tokoh tambahan tersebut berwatak bulat, kecuali Inang. Konflik dalam novel Gipsi Laut meliputi konflik fisik dan konflik batin. Konflik fisik dialami Siti Lazuli dengan ayahnya, Pak Tolo, Indra dengan teman-teman sekelasnya, Cik Ngah dengan masyarakat darat, dan Pak Long, Inang, dan Indra saat berlindung dari cuaca buruk di dalam gua dekat pantai. Konflik batin dialami oleh Indra, Pak Long dan Cik Ngah. Latar tempat yang digambarkan pengarang adalah laut, sekolah, rumah Cik Ngah, dan kantor Pemda. Latar lingkungan kehidupan yang digunakan pengarang adalah kehidupan di laut dan kehidupan di darat, yaitu kehidupan sekolah dan kehidupan di kantor Pemda. Latar sistem kehidupan berupa sistem kehidupan di laut dan sistem kehidupan di darat. Latar alat yang digunakan meliputi biduk, alat-alat masak, serta alat yang ada di kamar Siti Lazuli, yaitu : ranjang beserta sepreinya, lampu baca, telepon, fax, intercom, dan satu set penyetel audiovisual. Latar waktu adalah seminggu, sebulan, sore hari, Minggu pagi, dan malam hari. Unsur ekstrinsik novel Gipsi Laut adalah (1) Manusia dan cinta kasih meliputi kasih sayang, kemesraan dan belas kasihan. Manfaat yang diperoleh setelah mengkaji manusia dan cinta kasih diharapkan kita memiliki rasa simpati; (2) Manusia dan penderitaan meliputi penderitaan dan rasa sakit. Manfaat yang diperoleh setelah mengkaji manusia dan penderitaan adalah manusia hendaknya saling menolong karena dapat meringankan penderitaan orang lain; dan (3) Manusia dan keadilan meliputi kejujuran dan kecurangan. Manfaat yang diperoleh setelah mengkaji manusia dan keadilan adalah hendaknya manusia adil dalam menjalankan kewajiban dan menuntut haknya. Hasil penelitian tentang aspek humaniora dalam novel Gipsi Laut dapat di manfaatkan sebagai alternatif pembelajaran apresiasi sastra di SMA. Terkait dengan itu pemanfaatan humaniora dalam novel Gipsi Laut karya Rahmat Ali dalam pembelajaran apresiasi sastra di SMA dibagi dalam bbeberapa bagian, yaitu: (1) identitas pembelajaran; (2) materi pembelajaran, dan (3) prosedur pembelajaran. Identitas pembelajaran berkaitan dengan kelas X, semester I, alokasi waktu 4 x 45, standar kompetensi: memahami buku biografi, novel, dan hikayat, kompetensi dasar: membandingkan unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/terjemahan dengan hikayat, indikator: mengidentifikasi unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat, novel Indonesia dan novel terjemahan sebagai bentuk karya sastra. Materi pembelajaran terdiri dari: (1) unsur intrinsik dan ekstrinsiknovel ; (2) sinopsis novel Gipsi Laut karya Rahmat Ali; dan (3) contoh analisis unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Gipsi Laut karya Rahmat ali. Prosedur pembelajaran dilakukan dalam beberapa tahap yaitu: (1) tahap awal; (2) tahap inti; dan (3) tahap penutup.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210482005;
dc.subjectKAJIAN HUMANIORA NOVEL GIPSI LAUT KARYA RAHMAT ALI DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI ALTERNATIF MATERI PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA DI SMAen_US
dc.titleKAJIAN HUMANIORA NOVEL GIPSI LAUT KARYA RAHMAT ALI DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI ALTERNATIF MATERI PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA DI SMAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record