Show simple item record

dc.contributor.authorEndang Pratiwi
dc.date.accessioned2014-01-23T08:07:22Z
dc.date.available2014-01-23T08:07:22Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM082110101111
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22400
dc.description.abstractKepuasan mahasiswa merupakan indikator mutu pelayanan kesehatan. Kepuasan mahasiswa dipengaruhi oleh persepsi seseorang terhadap pelayanan yang dirasakan dan harapan terhadap pelayanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik mahasiswa yang melaksanakan praktik klinik di Instalasi Rawat Inap RSD dr.Soebandi Jember, mengetahui harapan dan persepsi dan tingkat kepuasan mahasiswa Diploma III keperawatan terhadap metode bimbingan klinik konferensi dan bed side teaching. Penelitian ini menggunakan metode diskriptive yaitu menggambarkan tentang suatu keadaan secara obyektif. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa Diploma III keperawatan yang melaksanakan praktik klinik di Instalasi Rawat Inap RSD dr.Soebandi Jember dengan jumlah 32 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik porposive sampling dengan kriteria yang telah ditentukan.Alat yang digunakan adalah kuesioner dan data yang diperoleh dan disajikan dalam bentuk tabulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa Diploma III keperawatan yang melakukan praktek klinik di Instalasi Rawat Inap RSD dr. Soebandi Jember berusia 21 tahun (50%), dan berjenis kelamin perempuan sebesar (59,4%). Sebagian besar harapan mahasiswa yang melaksanakan praktik klinik di Instalasi Rawat Inap RSD dr. Soebandi Jember menyatakan cukup puas terhadap metode konferensi (72%) dan metode bed side teaching menyatakan cukup puas sebesar (78%). Prosentase persepsi mahasiswa terhadap metode bimbingan klinik konferensi (56%) menyatakan tidak puas dan metode bed side teaching menyatakan tidak puas dan puas masing-masing sebesar (50%). Hasil penilaian terhadap tingkat kepuasan mahasiswa terhadap metode konferensi sebesar (75%) menyatakan tidak puas, untuk metode bed side teaching menyatakan tidak puas sebesar (69%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut perlu dilakukan evaluasi terhadap pelaksanaan bimbingan klinik dengan metode konferensi dan metode bed side teaching, penyediaan sarana dan prasarana pembelajaran klinik, menyediakan tenaga yang terlatih dan terdidik secara khusus serta pemberian penghargaan yang sesuai dengan harapan akan menjadi stimulan untuk kegiatan pembimbingan selanjutnya, sehingga kepuasan mahasiswa secara optimal dapat tercapaien_US
dc.language.isozhen_US
dc.relation.ispartofseries082110101111;
dc.subjectKepuasan, Mahasiswa, Metode bimbingan kliniken_US
dc.titleANALISIS KEPUASAN MAHASISWA DIPLOMA III KEPERAWATAN TERHADAP METODE BIMBINGAN KLINIK DI INSTALASI RAWAT INAP RSD dr. SOEBANDI JEMBER TAHUN 2010en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record