• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PEMEROLEHAN FONEM BAHASA INDONESIA ANAK USIA DINI (3 - 5 TAHUN) : SEBUAH STUDI KASUS DI PAUD GRIYA PERMATA KAMPUS KALIURANG JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    koko_1.pdf (321.9Kb)
    Date
    2014-01-23
    Author
    AULIA ESKA RAHMAWATI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Manusia berinteraksi satu dengan yang lain melalui komunikasi dalam bentuk bahasa. Berbahasa itu sendiri merupakan proses kompleks yang tidak terjadi begitu saja. Usia dini merupakan masa terpenting bagi anak dalam menyerap informasi dan belajar bahasa. Pemerolehan fonem adalah tahap pertama yang dilalui anak sebelum akhirnya belajar bahasa dalam satuan yang lebih kompleks lagi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk menjawab apa sajakah fonem Bahasa Indonesia yang diperoleh anak usia 3-5 tahun dan representasi yang diujarkan oleh anak di PAUD Griya Permata Kampus Kaliurang Jember. Adapun tujuan penelitian ini sesuai dengan rumusan masalah, yakni untuk mendapatkan gambaran pemerolehan fonem bahasa Indonesia dan melihat bagaimana bentuk representasi fonem yang diujarkan oleh anak usia dini 3 – 5 tahun. Penelitian ini dilakukan di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Griya Permata Kampus Kaliurang Jember. Anak yang dijadikan subjek penelitian berjumlah 15 orang yang terbagi dalam 3 kelompok yakni usia 3 tahun ; 4 tahun ; dan 5 tahun dengan masing-masing 5 anak. Selain itu, data yang digunakan berupa ujaran lisan anak yang dijadikan subjek penelitian. Penelitian dilakukan dengan beberapa tahapan, pemerolehan data ujaran anak, tahap analisis hasil penelitian dan terakhir adalah tahap paparan analisis data. Tahap pertama, pemerolehan data ujaran anak dilakukan pada bulan Agustus 2009 sampai dengan September 2009, dengan beberapa kali kunjungan. Tahap analisis, mentranskripsikan representasi data ujaran anak secara fonemis, untuk melihat pemerolehan fonem anak dan bentuk representasi fonem apa saja yang diujarkan oleh anak. viii Hasil analisis menunjukkan deskripsi pemerolehan fonem vokal bahasa Indonesia berupa fonem [a,i,u,e,o] dan fonem konsonan bahasa Indonesia berupa fonem [p, b, m, w, t, d, s, n, r, l, c, j, ñ, y, k, g, ŋ, h, ?], serta representasi fonem yang diujarkan anak usia 3-5 tahun berupa penggantian fonem [r>y/l, au>o, g>d, l>y, d/k>t, a>ə, m>n, ai>ə, k/h>?, f/v>p, z>j/s, c>s, j>c, i>e]; penghilangan fonem; penambahan fonem untuk mempermudah ujaran; danpemerolehan bunyi pelancar, yakni konsonan semivokal [y, w]. Dalam hasil analisis juga menunjukkan adanya perbedaan pada pemerolehan fonem dan representasi fonem yang diujarkan anak. Pada usia 3 tahun, anak mengusai sedikitnya 15 fonem konsonan, 4 tahun sedikitnya 17 fonem konsonan, dan 5 tahun sedikitnya 20 fonem konsonan. Rincian pemerolehan fonem secara keseluruhan adalah 20 fonem dikuasai 1 anak; 22 fonem dikuasai 1 anak; 23 fonem dikuasai 3 anak; 24 fonem dikuasai 5 anak; 26 dikuasai 1 anak; dan 27 fonem dikuasai 2 anak. Perbedaan yang ditemukan pada anak dimungkinkan karena adanya pengaruh faktor lingkungan dan faktor biologis. Secara umum, semakin usia anak bertambah akan semakin lengkap fonem yang diperoleh dan semakin sedikit fonem yang direpresentasikan berbeda dengan fonem yang dimaksud dalam ujaran anak. Kesimpulan yang didapat dari hasil analisis data dan pembahasan adalah anak telah memperoleh semua fonem vokal dan konsonan dalam bahasa Indonesia pada usia 5 tahun, meski tidak terdistribusi pada semua posisi, awal, tengah dan akhir. Adapun representasi fonem yang muncul pada anak usia 3-5 tahun sangatlah bervariasi bergantung dari faktor lingkungan dan biologis dari masingmasing anak. Dalam penelitian juga diketahui bahwa semakin usianya tinggi, semakin beragam fonem yang diperoleh dan semakin sedikit fonem yang direpresentasikan berbeda oleh anak. Akan tetapi, hal tersebut tidak berlaku untuk semua anak karena terbukti dalam penelitian faktor lingkungan dan biologislah yang paling menentukan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22377
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15353]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository