dc.description.abstract | Proses pembelajaran yang dilakukan oleh siswa tidak terlepas dari peran
sumber belajar. Sumber belajar merupakan salah satu faktor eksternal yang dapat
mempengaruhi hasil belajar siswa, sehingga pemanfaataanya harus dilaksanakan
secara optimal. Selama ini, siswa masih menerapkan pembelajarn langsung atau
pembelajaran yang berpusat pada guru, sehingga pemanfaatan sumber belajar lainnya
belum optimal. Padahal di sekolah tersebut sudah memberikan fasilitas sarana dan
prasarana yang lengkap untuk dimanfaatkan siswa sebagai sumber belajar. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemanfaatan sumber belajar
terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK
Negeri 1 Jember tahun ajaran 2012/2013. Selain itu bertujuan untuk mengetahui
apakah pemanfaatan sumber belajar tercetak memberikan pengaruh yang paling besar
terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK
Negeri 1 Jember tahun ajaran 2012/2013.
Sumber belajar yang diteliti adalah sumber belajar tercetak berupa buku
pelajaran, modul pembelajaran dan sumber belajar berupa fasilitas meliputi
perpustakaan sekolah, laboratorium komputer Akuntansi. Penelitian ini dilaksanakan
di SMK Negeri 1 Jember. Jnis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode
penelitian lokasi penelitian menggunakan metode purposive sampling area yaitu
menentukan lokasi penelitian yang ditentukan secara sengaja. Penentuan responden
penelitian menggunakan metode populative. Metode pengumpulan data
menggunakan metode angket, wawancara, observasi, dokumen. Analisis data yang
digunakan adalah analisis regresi linier berganda, efektifitas garis regresi, uji F, dan
uji t yang dibantu dengan menggunakan program SPSS.
Hasil penelitian membuktikan bahwa pemanfaatan sumber belajar mempunyai
pengaruh yang signifikansi terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Akuntansi
siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Jember tahun ajaran 2012/2013. Hal ini
dibuktikan dengan R square sebesar 0,752 berarti bahwa pemanfaatan sumber belajar
terhadap hasil belajar siswa mempunyai pengaruh sebesar 75,2%, selebihnya sebesar
24,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil
perhitungan uji F, diperoleh hasil Fhit sebesar 166,709 dan Ftabel sebesar 3,08 dimana
Fhit ≥ Ftabel dengan taraf signifikansi 0,000 sehingga pemanfaatan sumber belajar
tercetak dan pemanfaatan sumber belajar berupa fasilitas secara simultan (bersamasama)
mempunyai pengaruh nyata terhadap hasil belajar. Secara parsial (individu)
pemanfaatan sumber belajar tercetak memiliki proporsi sumbangan terbesar yaitu
sebesar 39,67 %.
Kesimpulan dalam penelitian ini berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan,
bahwa pemanfaatan sumber belajar berpengaruh terhadap hasil belajar pada mata
pelajaran Akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Jember tahun ajaran
2012/2013. Pemanfaatan sumber belajar tercetak berpengaruh dominan terhadap hasil
belajar pada mata pelajaran Akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1
Jember tahun ajaran 2012/2013. | en_US |