Show simple item record

dc.contributor.authorGALIH KUNCORO
dc.date.accessioned2014-01-23T07:37:53Z
dc.date.available2014-01-23T07:37:53Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM070210204376
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22354
dc.description.abstractHasil belajar pada observasi awal menunjukkan bahwa kondisi pembelajaran IPS sampai saat ini masih belum optimal. Faktornya adalah metode pembelajaran yang diberikan oleh guru bersifat monoton, guru cenderung memberikan materi dengan cara berceramah. Akibatnya siswa menjadi pasif sehingga menyebabkan pembelajaran menjadi membosankan dan menjadikan siswa malas belajar, ramai, berbicara dengan temannya, dan hasil belajarnya rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat dijadikan alternatif untuk mendorong semangat belajar siswa adalah model pembelajaran kooperatif tipe number head together adalah model pembelajaran ini bersifat menyenangkan dan membantu siswa mengatasi kesulitan belajar melalui pembelajaran kelompok. Model pembelajaran ini memberi tanggung jawab yang besar kepada peserta didik untuk belajar dan memberikan penjelasan kepada peserta didik lainnya didalamnya ada teknik presentasi perseorangan. Selama pelaksanaan presentasi number head together, siswa tidak dapat menggantungkan diri pada siswa lain yang lebih pintar, karena presentasi dilaksanakan secara perseorangan dan setiap anggota dalam kelompok memiliki persentase kemungkinan yang sama untuk mendapatkan giliran menyampaikan materi. Siswa akan berusaha memahami materi pembelajaran, sehingga pada akhir diskusi, saat guru menyebut nomor yang dimilikinya untuk mewakili kelompok masing–masing menjawab pertanyaan atau mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas siswa dapat melakukannya dengan baik. Penggunaan model pembelajaran tipe number head together mendorong aktivitas siswa untuk belajar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan di SDN Patempuran 01 Kecamatan kalisat Kabupaten Jember. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas III semester genap tahun ajaran 2009/2010 sebanyak 30 siswa yang terdiri dari 16 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, tes, dan observasi. Peneliti dibantu oleh 2 observer. Penelitian dilaksanakan mulai tanggal 12 Mei 2010 sampai tanggal 29 Mei 2010. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Hal-hal yang dilakukan pada setiap siklus adalah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa secara klasikal meningkat, sebelum dilaksanakan tindakan rata-rata kelas hasil belajar siswa secara klasikal sebesar 52 sedangkan ketuntasannya sebesar 50%. Siklus I rata-rata kelas hasil belajar siswa secara klasikal sebesar 68,5 sedangkan ketuntasannya secara klasikal sebesar 66,67%. Siklus II rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal sebesar 80,16 sedangkan ketuntasannya secara klasikal sebesar 83,33%. Aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I pertemuan I dan II yaitu 64% dan 69,11% serta mengalami peningkatan pada siklus II pertemuan I dan II yaitu 75,33 dan 80,16%. Aktivitas kerja kelompok siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I pertemuan I dan II yaitu 58,33% dan 66,67% dan siklus II pertemuan I dan II yaitu 76,38% dan 83.33%. Aktivitas guru mengajar pada siklus I yaitu 85,71% sedangkan siklus II yaitu 90,48%, sehingga dapat dikatakan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN Patempuran 01 Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember pada mata pelajaran IPS pokok bahasan menggunakan uang sesuai dengan kebutuhannya semester genap tahun ajaran 2009/2010.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204376;
dc.subjectKOOPERATIF, HEAD TOGETHERen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KEMAMPUAN MENGGUNAKAN UANG SESUAI DENGAN KEBUTUHANNYA PADA SISWA KELAS III SDN PATEMPURAN 01 KALISAT-JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2009/2010en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record