Show simple item record

dc.contributor.authorEmi Mutikaningsih
dc.date.accessioned2014-01-23T07:18:45Z
dc.date.available2014-01-23T07:18:45Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM060210301099
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22334
dc.description.abstractRendahnya pemahaman dan keterampilan siswa pada mata pelajaran akuntansi salah satunya dikarenakan penerapan metode yang masih konvensional, untuk itu penerapan metode proyek sangatlah diperlukan. Penerapan metode proyek diharapkan dapat membantu proses pembelajaran yang selama ini dilakukan sehingga siswa lebih mudah memahami teori akuntansi dan memiliki keterampilan yang tinggi. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan metode proyek pada mata pelajaran akuntansi pokok bahasan jurnal khusus (Studi kasus pada siswa kelas XI AK 2 SMK Plus Al-Mujahidi Gumukmas, Kab. Jember semester genap tahun ajaran 2010/2011)? 2) Apakah penerapan metode proyek dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dari tingkat rendah menjadi tingkat tinggi pada mata pelajaran akuntansi pokok bahasan jurnal khusus (Studi kasus pada siswa kelas XI AK 2 SMK Plus Al-Mujahidi Gumukmas, Kab. Jember semester genap tahun ajaran 2010/2011)? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaborasi antara guru dan peneliti yang bertujuan untuk: 1) Mendiskripsikan proses penerapan metode proyek pada mata pelajaran akuntansi pokok bahasan jurnal khusus (Studi kasus pada siswa kelas XI AK 2 SMK Plus Al-Mujahidi semester genap tahun ajaran 2010/2011). 2) Mengetahui adanya peningkatan pemahaman dan keterampilan siswa terhadap pelajaran akuntansi dari tingkat rendah menjadi tingkat tinggi dengan penerapan metode proyek pada mata pelajaran akuntansi pokok bahasan jurnal khusus (Studi kasus pada siswa kelas XI AK 2 SMK Plus Al-Mujahidi semester genap tahun ajaran 2010/2011). Pemahaman siswa dapat dilihat dari mampu menyatakan ulang sebuah konsep, mampu mengklasifikasi objek sesuai dengan konsep, mampu memberi contoh, mampu mengembangkan pengetahuan dari suatu konsep, mampu mengaplikasikan konsep akuntansi untuk pemecahan masalah serta nilai ulangan harian. Keterampilan siswa dilihat dari menganalisis data transaksi pada jurnal khusus, menggolongkan data-data transaksi sesuai pada penggolongannya, mencatat data-data transaksi pada jurnal khusus, menghitung data transaksi pada jurnal khusus serta di lihat dari nilai ulangan harian. Penelitian ini dilakukan di kelas XI AK 2 SMK Plus Al-Mujahidi, Gumukmas- Kab. Jember mulai tanggal 31 Januari - 17 Februari 2011. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumen. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu memaparkan data yang diperoleh dari hasil pelaksanaan tindakan. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan pemahaman siswa dari siklus I sebesar 1,9 (sedang) menjadi 2,7 (tinggi) pada siklus II. Peningkatan keterampilan siswa pada siklus I yaitu 2,2 (sedang) menjadi 2,7 (tinggi) siklus II. Nilai rata-rata tes siswa pada siklus I yaitu 71 ketuntasan klasikal 71% meningkat pada siklus II yaitu 82 dengan ketuntasan klasikal sebesar 100%. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan metode proyek dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa. Peneliti menyarankan kepada guru akuntansi SMK Plus Al-Mujahidi dapat dijadikan sebagai alternatif metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa terhadap suatu materi yang diajarkan. PRAKATAen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210301099;
dc.subjectMetode Proyek untuk Meningkatkan Pemahaman dan Keterampilanen_US
dc.titlePENERAPAN METODE PROYEK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KETERAMPILAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI POKOK BAHASAN JURNAL KHUSUSen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record