Show simple item record

dc.contributor.authorEly Hidayati
dc.date.accessioned2014-01-23T06:47:11Z
dc.date.available2014-01-23T06:47:11Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM070210402086
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22315
dc.description.abstractKonjungsi menjadi unsur yang sangat penting dalam pembentukan wacana terutama dalam wacana tulis termasuk dalam karangan, karena dengan hadirnya konjungsi yang tepat maka hubungan antarklausa atau kalimat menjadi padu sehingga ide yang disampaikan menjadi mudah dipahami. Kelas X adalah kelas yang siswasiswanya baru memasuki jenjang Sekolah Menengah Atas jadi kemampuan siswa dalam menulis masih seperti siswa Sekolah Menengah Pertama. Begitu juga kemampuan siswa siswa kelas X MA Husnul Ri’ayah Situbondo dalam menggunakan konjungsi. Penggunaan konjungsi dalam karangan narasi siswa perlu dikaji ulang, karena ada kesalahan yang mengakibatkan kalimat yang dihasilkan tidak padu. Oleh karena itu, rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: (1) bagaimanakah bentuk konjungsi yang digunakan dalam karangan narasi siswa kelas X MA Husnul Ri’ayah Situbondo? meliputi: bentuk konjungsi intrakalimat dan bentuk konjungsi antarkalimat; dan (2) bagaimanakah bentuk kesalahan penggunaan konjungsi dalam karangan narasi siswa kelas X MA Husnul Ri’ayah Situbondo? meliputi: bentuk kesalahan konjungsi intrakalimat dan bentuk kesalahan konjungsi antarkalimat. Tujuannya adalah: (1) mendeskripsikan bentuk konjungsi antarkalimat yang digunakan dalam karangan narasi siswa kelas X MA Husnul Ri’ayah Situbondo yang meliputi: bentuk konjungsi intrakalimat dan bentuk konjungsi antarkalimat; (2) mendeskripsikan bentuk kesalahan penggunaan konjungsi dalam karangan narasi siswa kelas X MA Husnul Ri’ayah Situbondo yang meliputi: bentuk kesalahan konjungsi intrakalimat dan bentuk kesalahan konjungsi antarkalimat.Tinjauan pustaka meliputi; (1) pengertian konjungsi, (2) jenis-jenis konjungsi (3) aturan penggunaan konjungsi, (4) kalimat majemuk, (5) pengertian mengarang, (6) jenis-jenis karangan (pengertian karangan narasi), dan (7) kerangka teori. Rancangan penelitian adalah kualitatif sedangkan jenis penelitian adalah deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah kalimat yang mengandung konjungsi, sedangkan sumber data adalah karangan narasi siswa kelas X MA Husnul Ri’ayah Situbondo yang pada semester 1 tahun pelajaran 2011/2012. Teknik pengumpulan data adalah metode tes, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian berupa tabel pemandu pengumpul data dan tabel pemandu analisis data. Prosedur penelitian meliputi tiga tahap yaitu (1) tahap persiapan; (2) tahap pelaksanaan; dan (3) tahap penyelesaian. Dalam karangan narasi siswa bentuk penggunaan konjungsi intrakalimat maupun bentuk penggunaan konjungsi antarkalimat sebagian sudah tepat. Akan tetapi, masih ada penggunaan konjungsi intrakalimat dan antarkalimat yang kurang tepat sehingga mengakibatkan kalimat yang dihasilkan kurang padu dan logis. Siswa lebih banyak menggunakan konjungsi intrakalimat daripada konjungsi antarkalimat. Hal ini dapat diamati dari 111 bentuk penggunaan konjungsi intrakalimat dan 18 bentuk penggunaan konjungsi antarkalimat. Bentuk kesalahan penggunaan konjungsi intrakalimat dan bentuk kesalahan penggunaan konjungsi antarkalimat dapat disimpulkan bahwa siswa kurang mampu dalam menggunakan konjungsi baik konjungsi intrakalimat maupun konjungsi antarkalimat. Bentuk kesalahan penggunaan konjungsi lebih banyak terdapat pada bentuk kesalahan intrakalimat daripada bentuk kesalahan konjungsi antarkalimat. Hal ini dapat diamati dari 19 kesalahan penggunaan konjungsi intrakalimat dan 10 kesalahan penggunaan konjungsi antarkalimat. Saran penelitian ini antara lain (1) bagi siswa, dijadikan pengalaman menggunakan konjungsi dalam menulis karangan narasi, (2) bagi guru Bahasa Indonesia, dapat digunakan sebagai bahan kajian untuk menghasilkan output yang lebih baik, (3) bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat digunakan untuk mengadakan penelitian sejenis dengan kajian yang lebih luas.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210402086;
dc.subjectKONJUNGSI DALAM KARANGAN NARASIen_US
dc.titlePENGGUNAAN KONJUNGSI DALAM KARANGAN NARASI SISWA KELAS X MA HUSNUL RI’AYAH SITUBONDOen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record