dc.description.abstract | Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Media Pembelajaran Kokami Pokok
Bahasan Bagian-Bagian Tumbuhan dan Fungsinya Pada Siswa Kelas IV SDN 8
Kaligondo Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi Tahun Ajaran
2010/2011; Sherly Kusturika Andriani; 080210204162; 2010; 60 halaman; Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Jember.
Hasil observasi di SDN 8 Kaligondo menunjukkan bahwa tidak adanya media
pembelajaran dalam penyampaian materi pelajaran IPA menyebabkan siswa kurang
tertarik dan kurang jelas dengan materi pelajaran sehingga siswa kurang aktif dalam
proses pembelajaran dan hasil belajar IPA masih rendah. Hal ini dapat diketahui dari
hasil ulangan harian siswa sebanyak 75% dari 20 siswa di kelas IV mencapai nilai
kurang dari 60 yang berarti daya serap klasikal masih di bawah standar 75% dari 20
siswa. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah peningkatan
aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA pokok bahasan bagian-bagian tumbuhan dan
fungsinya melalui media pembelajaran Kokami pada siswa kelas IV SDN 8
Kaligondo Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi tahun ajaran 2010/2011, (2)
bagaimanakah peningkatan hasil belajar IPA melalui media pembelajaran Kokami
pokok bahasan bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya pada siswa kelas IV SDN 8
Kaligondo Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi tahun ajaran 2010/2011.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa dalam
pembelajaran IPA pokok bahasan bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya melalui
media pembelajaran Kokami pada siswa kelas IV SDN 8 Kaligondo Kecamatan
Genteng Kabupaten Banyuwangi tahun ajaran 2010/2011, (2) mendeskripsikan
peningkatan hasil belajar IPA melalui media pembelajaran Kokami pokok bahasan
bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya pada siswa kelas IV SDN 8 Kaligondo
Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi tahun ajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian
dilakukan di SDN 8 Kaligondo Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi. Subyek
penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN 8 Kaligondo Tahun Ajaran 2010/ 2011,
sebanyak 20 siswa, dengan 12 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, wawancara, dan
tes. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 27 September 2010 sampai 07 Oktober
2010.
Berdasarkan hasil penelitian, analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan
bahwa pembelajaran IPA menggunakan media Kokami dapat meningkatkan hasil
belajar siswa kelas IV SDN 8 Kaligondo yang ditunjukkan oleh ketuntasan klasikal
hasil belajar siswa siklus I sebesar 60% dan siklus II sebesar 80%. Pembelajaran IPA
menggunakan media Kokami dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses
pembelajaran. Hal tersebut dapat ditunjukkan pada analisis aktifitas siswa yang
mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 57,7% dan termasuk pada kriteria aktif
ke siklus II sebesar 76,3% termasuk pada kriteria sangat aktif. Hal-hal yang perlu
diperhatikan agar media pembelajaran Kokami dapat digunakan secara efektif adalah
sebagai berikut: media pembelajaran Kokami akan lebih baik jika dalam
penggunaannya digabungkan dengan media lain, misalnya benda konkrit untuk
menguatkan tujuan pembelajaran, teknik permainan Kokami dibuat semenarik
mungkin yaitu dengan membuat pertanyaan pada kartu pesan yang nantinya semua
anggota kelompok mempunyai kesempatan untuk menjawab pertanyaan pada kartu
pesan sehingga semua anggota kelompok aktif dalam pelaksanaan pembelajaran, dan
pemberian bimbingan dan motivasi dari guru juga sangat berpengaruh pada
keberhasilan permainan Kokami, karena bimbingan intensif dari guru akan membantu
siswa yang mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran. | en_US |