Show simple item record

dc.contributor.authorElvina Fatmawati
dc.date.accessioned2014-01-23T06:26:37Z
dc.date.available2014-01-23T06:26:37Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM080210204142
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22288
dc.description.abstractFakta yang terjadi di lapangan menunjukkan bahwa teknik menjelaskan yang tidak komunikatif dan tidak adanya media pembelajaran yang mendukung dalam kegiatan belajar mengajar. Teknik tersebut menyebabkan 65,71 % siswa tidak dapat mengerti dan memahami penjelasan guru sehingga tidak ada respon dari siswa mengenai materi yang diajarkan. Guru selalu mendominasi dalam kegiatan belajar mengajar, sebagai hasilnya siswa sekedar memperoleh informasi dan kemudian menghafalnya, padahal mengajar bukan lagi menyampaikan pengetahuan melainkan memberi kesempatan seluas-luasnya kepada siswa untuk ikut aktif dalam proses memperoleh informasi dan mengaitkan dengan apa yang telah dimiliki siswa sehingga diharapkan siswa itu memahami dan memaknai dengan baik pengetahuan di dalam pikirannya, hal inilah yang menyebabkan rendahnya hasil belajar IPS siswa khususnya siswa kelas IV pada pokok bahasan semangat kepahlawanan dan cinta tanah air. Oleh karena itu guru harus membantu siswa untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan teknik pembelajaran yang bervariasi dan sesuai dengan materi maupun karakteristik siswa. Peta konsep dapat menunjukkan secara visual berbagai cara yang dapat ditempuh dalam menghubungkan pengertian konsep di dalam permasalahanya. Peta konsep yang dibuat dapat membantu guru untuk mengetahui kesalahan konsep yang dimiliki siswa dan untuk memperkuat pemahaman konseptual guru sendiri dan disiplin ilmunya. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : (1) apakah penerapan teknik peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV semester I SDN Sukorejo 02 Tahun Pelajaran 2010/2011 dalam pembelajaran IPS, (2) berapakah vii prosentase ketuntasan hasil belajar siswa kelas IV semester I SDN Sukorejo 02 Tahun Pelajaran 2010/2011. Berdasarkan Rumusan Masalah tersebut maka, tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk meningkatkan hasil siswa dalam pembelajaran IPS melalui teknik peta konsep di kelas IV SDN Sukorejo 02 Jember Tahun Pelajaran 2010/2011, (2) Untuk meningkatkan ketuntasan hasil belajar kelas IV SDN Sukorejo 02 Jember Tahun Pelajaran 2010/2011 melalui teknik peta konsep. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Sukorejo 02 Jember yang terdiri dari 35 siswa. Siswa dibagi menjadi 5 kelompok yang heterogen. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 06 Desember 2010 sampai dengan 14 Desember 2010 dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Sukorejo 02 Jember. Data yang dikumpulkan berupa penilaian tes individu. Pada siklus I, presentase hasil belajar siswa mencapai 64,14% dan presentase ketuntasan klasikal sebesar 62,86%. Pada siklus II, hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 75%, dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 91,43% sehingga peningkatan dari siklus I ke siklus II 28,57%. Secara klasikal memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SDN Sukorejo 02 Jember. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan hasil belajar dan ketuntasan hasil belajar pada pokok bahasan semangat kepahlawanan dan cinta tanah air, prosentase ketuntasan klasikal hasil belajar siklus I yaitu 62,86% dengan siswa tuntas sebanyak 22 dari 35 siswa sedangkan prosentase ketuntasan klasikal hasil belajar siklus II yaitu 91,43% dengan siswa tuntas sebanyak 32 dari 35 siswa. Peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 28,57%, dapat menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan, dapat memotivasi siswa untuk meningkatkan hasil belajar dengan cara pembentukan kerjasama yang baik sehingga dapat saling membantu kesulitan yang dihadapi satu sama lain, serta dapat meningkatkan keakraban siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204142;
dc.subjectUPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPSen_US
dc.titleUPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PETA KONSEP PADA POKOK BAHASAN SEMANGAT KEPAHLAWANAN DAN CINTA TANAH AIR SISWA KELAS IV SEMESTER 1 SDN SUKOREJO 02 KECAMATAN BANGSALSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record