Show simple item record

dc.contributor.authorMaria Imaculata Novita Dyah Kurniawati
dc.date.accessioned2014-01-23T06:21:58Z
dc.date.available2014-01-23T06:21:58Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM070210402080
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22279
dc.description.abstractSalah satu peristiwa berbahasa yang menarik dikaji secara pragmatik, khususnya pada aspek tindak tutur adalah peristiwa tutur yang terjadi guru dan siswa SD dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 3 SD PHNPS Jember. Di luar pembelajaran Bahasa Indonesia, siswa SD PHNPS diarahkan untuk menggunakan Bahasa Inggris sebagai alat komunikasi di sekolah. Untuk itu, keberadaan guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dituntut untuk dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, baik secara lisan maupun tertulis. Berdasarkan hal tersebut, permasalahan penelitian ini adalah Indonesia kelas 3 SD PHNPS Jember. Sesuai dengan permasalahan penelitian, tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan Rancangan yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif. Jenis penelitian deskriptif. Data penelitian berupa tuturan beserta konteksnya yang diindikasikan sebagai tindak-tindak tutur langsung dan tindak-tindak tutur tidak langsung yang digunakan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas 3 di SD PHNPS. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasannya ditemukan realisasi TL yang digunakan guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 3 SD PHNPS terdiri dari 6 modus tindak tutur yaitu tindak tutur menyatakan, tindak tutur bertanya, tindak tutur menghimbau, tindak tutur memerintah, tindak tutur memberi pujian, dan tindak tutur memberi pilihan. Realisasi TTL terdiri dari 2 modus tindak tutur, yaitu tindak tutur menjelaskan dengan bertanya dan tindak tutur menjelaskan dengan memerintah. Berdasarkan hasil penelitian tentang realisasi TL dan TTL yang ditemukan tersebut, tindak tutur langsung Saran yang dapat diajukan berkenaan dengan hasil penelitian ini adalah bagi guru SD dan guru Bahasa Indonesia, disarankan untuk memilih wujud tindak tutur langsung atau tidak langsung yang tepat dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, sehingga materi mudah dipahami oleh siswa. Bagi mahasiswa FKIP Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, disarankan hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai alternatif referensi materi mata kuliah pragmatik. Bagi peneliti selanjutnya, disarankan untuk melakukan penelitian sejenis dan dikembangkan lebih mendalam yang berkaitan dengan kajian pragmatik, misalnya penelitian tentang tindak tutur langsung dan tidak langsung.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210402080;
dc.subjectTINDAK TUTUR LANGSUNG DAN TIDAK LANGSUNGen_US
dc.titleTINDAK TUTUR LANGSUNG DAN TIDAK LANGSUNG DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 3 SD PELITA HATI NATIONAL PLUS SCHOOL JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record