Show simple item record

dc.contributor.authorWahyu Wulandari
dc.date.accessioned2014-01-23T06:18:57Z
dc.date.available2014-01-23T06:18:57Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM060210301088
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22270
dc.description.abstractMata pelajaran ekonomi bagi siswa Sekolah Menengah Atas merupakan salah satu mata pelajaran di jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang banyak membahas fenomena kehidupan masyarakat sehari-hari. Materi pelajaran yang dipelajari oleh siswa dengan kesesuaian fenomena dalam kehidupan sehari-hari akan memudahkan guru dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Tujuan pembelajaran dapat tercapai apabila guru memiliki kemampuan akademik dan juga memiliki ketrampilan pengelolaan kelas. Berdasarkan hasil observasi kelas dan wawancara dengan guru mata pelajaran ekonomi Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Pakusari ditemukan adanya permasalahan pembelajaran yaitu masalah pengelolaan kelas. Masalah tersebut ditunjukkan oleh perilaku siswa seperti mengobrol, mengantuk, enggan mengerjakan tugas, kurang perhatian terhadap materi pelajaran yang sedang dibahas dan mengganggu siswa lain. Akhirnya, Standar Ketuntasan Minimal (SKM) untuk mata pelajaran ekonomi rata-rata siswa masih rendah. Hal ini terlihat dari 40 siswa 47,5 % mendapatkan skor dibawah 75 dan 52,5 % telah mencapai ketuntasan. Oleh karena itu diperlukan suatu pendekatan yang lebih cocok untuk mengatasi masalah pengelolaan kelas tersebut dan untuk meningkatkan ketuntasan hasil belajar ekonomi siswa. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan proses kelompok dalam mengurangi permasalahan pengelolaan kelas di SMA Negeri 1 Pakusari Kabupaten Jember sub pokok bahasan pembangunan ekonomi pada siswa kelas XI IPS semester ganjil tahun ajaran 2010/2011, (2) untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan proses kelompok dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi di SMA Negeri 1 Pakusari Kabupaten Jember sub pokok bahasan pembangunan ekonomi pada siswa kelas XI IPS semester ganjil tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan rencana penelitian yang bersifat kolaboratif. Oleh karena itu, penelitian ini berbentuk kualitatif dengan menggunakan penelitian terapan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pakusari yang berjumlah 38 siswa dengan metode penentuan tempat menggunakan metode purposive area. Teknik pengumpulan data menggunakan obserevasi, wawancara, post test, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Persentase ketuntasan hasil belajar digunakan untuk mengetahui peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa pada pembelajaran pra siklus dan siklus 1, siklus 2. Hasil dari analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan yaitu (1) dengan menggunakan pendekatan proses kelompok permasalahan pengelolaan kelas di SMA Negeri 1 Pakusari Kabupaten Jember sub pokok bahasan pembangunan ekonomi pada siswa kelas XI IPS semester ganjil tahun ajaran 2010/2011 dapat berkurang, (2) dengan menggunakan penerapan pendekatan proses kelompok ketuntasan hasil belajar di SMA Negeri 1 Pakusari Kabupaten Jember sub pokok bahasan pembangunan ekonomi pada siswa kelas XI IPS semester ganjil tahun ajaran 2010/2011 mengalami peningkatan sebesar 84,21 dengan kategori tuntas .en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210301088;
dc.subjectMeningkatkan Hasil Belajaren_US
dc.titlePENERAPAN PENDEKATAN PROSES KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI DI SMA NEGERI 1 PAKUSARI KABUPATEN JEMBER (Sub Pokok Bahasan Pembangunan Ekonomi Pada Siswa Kelas X1 IPS Semester Ganjil Tahun Ajaran 2010/2011)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record