• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    HUBUNGAN ANTARA STRATEGI GURU DALAM PENGEMBANGAN DISAIN PEMBELAJARAN PRAKTIKUM BIOLOGI DENGAN AKTIVITAS DAN CAPAIAN HASIL BELAJAR PRAKTIKUM SISWA (KELAS XI SMAN DI KABUPATEN BONDOWOSO)

    Thumbnail
    View/Open
    Unlock-fkip-gdlhub-gdl-mardiatulh-12333-1-mardiatu-h_1.pdf (1.211Mb)
    Date
    2014-01-23
    Author
    Mardiatul Hasanah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran praktikum merupakan proses pembelajaran di laboratorium dalam rangka memperkuat teori-teori/pengetahuan yang didapatkan dengan cara pengalaman belajar lain. Strategi rancangan pembelajaran praktikum merupakan pengintegrasian antara teori/pengetahuan dan keterampilan dasar professional dengan menggunakan pendekatan model dan metode pembelajaran, sehingga pelaksanaan pembelajaran dikelola secara terintegrasi (Rustaman, 2003). Oleh sebab itu, perlu adanya pengembangan disain pembelajaran praktikum yang mengarah pada strategi pengorganisasian guna mencapai tujuan pembelajaran. Peningkatan mutu pembelajaran dimulai dengan pembenahan strategi pembelajaran. Strategi pembelajaran berhubungan dengan cara mengajar yang paling efektif dan efisien dalam memberikan pengalaman belajar yang diperlukan untuk mencapai tujuan khusus pembelajaran (Ahmadi, 1991). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara strategi guru dalam pengembangan disain pembelajaran praktikum biologi dengan aktivitas dan capaian hasil belajar siswa kelas XI SMAN di Kabupaten Bondowoso. Penelitian dilakukan di SMA Negeri di Kabupaten Bondowoso pada bulan September sampai Oktober 2012. Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Populasi dari penelitian ini adalah guru biologi kelas XI di 10 SMAN Kabupaten Bondowoso yang berjumlah 13 orang. Metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Sampel diambil sebanyak 50% yaitu 7 (tujuh) guru biologi kelas XI SMA Negeri di Kabupaten Bondowoso. Sehingga didapatkan responden dengan jumlah 7 guru Biologi, data dianalisis dengan analisis statistik korelasi Kendall tau. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru dalam pengembangan disain pembelajaran praktikum biologi kelas XI SMAN di Kabupaten Bondowoso berdasarkan rerata kualitas silabus sebesar 1,68 (84,1%) dengan kualitas sangat baik dan RPP sebesar 4,0 (79,1%) dengan kualitas baik, telah sesuai dengan kurikulum, tujuan pembelajaran, kebutuhan belajar siswa, kondisi sekolah (sarana dan prasarana laboratorium), serta lingkup materi ajar. Strategi yang banyak digunakan yaitu strategi pembelajaran berdasarkan pengalaman dengan menggunakan metode eksperimen dan strategi pembelajaran interaktif dengan menggunakan metode diskusi. Aktivitas siswa dalam kegiatan praktikum dalam ranah afektif dan ranah psikomotorik masuk dalam kategori baik dengan skor terbanyak yaitu skor 3 dengan persentase 47,69%, serta capaian hasil belajar yang berupa hasil kegiatan praktikum mencapai skor terbanyak yaitu skor “C” (cukup) dengan persentase 65% dan ulangan harian mencapai skor terbanyak yaitu skor “C” (cukup) dengan persentase 59,3% juga masuk dalam kategori cukup baik. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan (P < 0,05) antara strategi guru dalam pengembangan disain pembelajaran praktikum biologi dengan aktivitas siswa dan terdapat hubungan yang tidak signifikan (P > 0,05) antara strategi guru dalam pengembangan disain pembelajaran praktikum biologi dengan capaian hasil belajar praktikum siswa kelas XI.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22173
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository