Show simple item record

dc.contributor.authorMaliki Afandi
dc.date.accessioned2014-01-23T05:09:42Z
dc.date.available2014-01-23T05:09:42Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM080210204060
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22153
dc.description.abstractFakta yang terjadi di lapangan, mayoritas siswa Sekolah Dasar kurang termotivasi untuk mengikuti pelajaran IPS. Hal ini selain pembelajaran IPS disajikan dalam bentuk pembelajaran yang konvensional dan kurang melibatkan siswa dalam kegiatan belajar mengajar sehingga siswa cenderung pasif selama pembelajaran. Model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) merupakan kombinasi antara belajar kooperati f dengan belajar individu, kemudian siswa saling membantu dan mengecek. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) ini menjadikan siswa lebih berkreatif dalam belajar dimana pada pembelajaran ini siswa dikondisikan belajar secara individu serta belajar secara kelompok sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik dan tidak monoton. Berdasarkan latar belakang di atas, maka permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada siswa kelas IV SDN Maesan 01 Bondowoso tahun pelajaran 2011/2012 pada mata pelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada siswa kelas IV SDN Maesan 01 Bondowoso tahun pelajaran 2011/2012 pada mata pelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Maesan 01 Bondowoso tahun pelajaran 2011/2012 yang terdiri dari 20 siswa, 11 orang laki-laki, 9 orang perempuan. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisa data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 30 April 2012 sampai 9 Mei 2012 dengan subyek penelitian siswa kelas IV SD Negeri Maesan 01. Data yang dikumpulkan berupa motivasi siswa, dan hasil belajar siswa. Dari hasil pengamatan diperoleh persentase motivasi siswa pada siklus I adalah 66,2% dan Siklus II sebesar 76,6%. Berdasarkan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 75% dan Siklus II sebesar 85%. Berdasarkan analisa hasil belajar pada siklus I dan siklus II menunjukkan bahwa kelas IV telah mengalami peningkatan motivasi dan hasil belajar IPS. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model Pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang diperoleh dari hasil persentase siklus I sampai siklus II. Pada siklus I persentase meningkat menjadi 66,2 % (kriteria cukup) dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 76,6 % (kriteria cukup). Keberhasilan tersebut ditandai dengan peningkatan persentase dari siklus I ke siklus II sebesar 10,4%. Kemudian hasil analisis ketuntasan belajar siswa dari dari rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 75 dengan persentase ketuntasannya sebesar 75% (tuntas) dan rata-rata hasil belajar siklus II sebesar 79 dengan persentase ketuntasannya sebesar 85% (tuntas). Saran yang diberikan peneliti adalah agar dalam pelaksanaan pembelajaran kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) berjalan dengan baik, maka siswa harus selalu siap dalam menerima materi (TAI) sebagai alternatif apabila menemukan permasalahan pembelajaran yang sama di dalam kelas. Penelitian ini juga dapat menjadi masukan bagi peneliti lain untuk penelitian lebih lanjut.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204060;
dc.subjectMODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI)en_US
dc.titlePENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPS PERKEMBANGAN TELNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI DAN TRANSPORTASI MELALUI PEMBELAJARAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI DI SD NEGERI MAESAN 01 BONDOWOSO 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record