Show simple item record

dc.contributor.authorWiwin Puji Astutik
dc.date.accessioned2014-01-23T05:00:51Z
dc.date.available2014-01-23T05:00:51Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM090210204132
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22139
dc.description.abstractBerdasarkan observasi awal ditemukan bahwa di SDN 2 Sumberpinang terdapat suatu permasalahan dalam pembelajaran IPA yaitu hasil belajar yang masih rendah. Hal ini disebabkan karena : (1) guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai sebelum proses pembelajaran secara lengkap, (2) penyampaian materi sebagian besar dilakukan dengan metode ceramah, (3) guru tidak menggunakan media/alat peraga selama proses pembelajaran.Selain itu juga, rendahnya hasil belajar disebabkan pembelajaran yang dilakukan oleh guru kurang mampu membangkitkan minat dan keaktifan siswa. Berdasarkan latar belakang di atas dapat ditentukan rumusan masalah yaitu (1) bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa melalui penerapan strategi pembelajaran PAKEM pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energy dan penggunaannya siswa kelas IV SDN 2 Sumberpinang tahun pelajaran 2011/2012? (2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi pembelajaran PAKEM pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energy dan penggunaannya siswa kelas IV SDN 2 Sumberpinang tahun pelajaran 2011/2012? Salah satu strategi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan strategi pembelajaran PAKEM.PAKEM adalah sebuah model pembelajaran yang memungkinkan peserta didik mengerjakan kegiatan yang beragam untuk mengembangkan keterampilan dan pemahaman dengan penekanan kepada belajar sambil bekerja, sementara guru menggunakan berbagai sumber dan alat bantu belajar termasuk pemanfaatan lingkungan supaya pembelajaran lebih menarik, menyenangkan dan efektif.Pembelajaran PAKEM intinya guru di sini harus kreatif menciptakan proses belajar mengajara yang kreatif, efektif dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui penerapan strategi pembelajaran PAKEM dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi pembalajaran PAKEM.Penelitian ini dilakukan di SDN 2 Sumberpinang pada siswa kelas IV dengan jumlah siswa 23 orang.Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan penelitian ini peneliti dibantu oleh 3 orang observer.Pada sikliu I dan II dilakukan penelitian dengan menerapkan strategi pembelajaran PAKEM. Hal-hal yang dilakukan pada siklus I dan II adalah (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan, (3)observasi dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar dan aktivitas siswa meningkat setelah diterapkannya strategi pembelajaran PAKEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa secara klasikal meningkat sebelum dilakukan penelitian hasil belajar siswa secara klasikal 43,48%. Setelah diadakan penelitian pada siklus I tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal meningkat menjadi 78,26% dan pada siklus II tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal meningkat menjadi 91,3%. Aktivitas siswa pada siklus I secara klasikal adalah 60,15% dan pada siklus II aktivitas siswa secara klasikal meningkat menjadi 83,91%. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran PAKEM sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar secara klasikal dari siklus 1 mencapai 78,26% meningkat menjadi pada siklus 2 yaitu 91,3%. Sedangkan aktivitas belajar siswa di dalam kelas secara klasikal juga mengalami peningkatan dari siklus 1 yaitu 60,15% meningkat pada siklus 2 mencapai 83,91%. Disarankan agar strategi PAKEM dapat diterapkan sebagai alternatif model pembelajaran dan dikembangkan dalam proses pembelajaran IPA maupun mata pelajaran yang lain.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204132;
dc.subjectPENERAPAN STRATEGI PAKEMen_US
dc.titlePENERAPAN STRATEGI PAKEM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN ENERGI DAN PENGGUNAANNYA SDN 2 SUMBERPINANG SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record