• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODELTHINK PAIRSHARE MENGGUNAKAN MEDIA SURAT KABAR UNTUKMENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI PADA SISWA KELAS XI SMK AL-MUTTAQIN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Unlock-fkip-gdlhub-gdl-maksabatus-6183-1-maksabat-h_1.pdf (976.1Kb)
    Date
    2014-01-23
    Author
    MAKSABATUS SYAHIQOH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum memadainya kemampuan siswa kelas XI SMK Al-Muttaqin dalam menulis karangan argumentasi. Pada umumnya kelemahan tersebut terletak pada pengungkapan pendapat, adanya bukti-bukti dalam mendukung pendapatnya, serta siswa kurang mampu mengembangkan karangannya. Hasilnya, penilaian terhadap tugas menulis karangan argumentasi yang dilakukan pada siswa kelas XI, diperoleh hasil bahwa 60% dari jumlah siswa memperoleh nilai di bawah 70 dan 40% siswa memperoleh di atas 70. Penilaian tugas tersebut didasarkan pada indikator yang terdapat di RPP meliputi adanya pendapat siswa, bukti-bukti pendukung gagasan, serta siswa mampu mengembangkan kerangka karangannya. Selain dari nilai yang diperoleh, ketidakmampuan siswa dalam menulis argumentasi dapat dilihat dari proses pembelajaran yang kurang efektif. Pertama, guru hanya menggunakan metode ceramah. Kedua, siswa cenderung diam dan tidak aktif. Ketiga, media yang digunakan dalam pembelajaran terbatas pada buku paket. Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan argumentasi maka diterapkan pembelajaran model Think Pair Share menggunakan media surat kabar. Berdasarkan latar belakang di atas, permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini meliputi bagaimanakah proses penerapan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share menggunakan media surat kabar untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan argumentasi pada siswa kelas XI SMK AlMuttaqin Jember dan bagaimanakah peningkatan kemampuan menulis karangan argumentasi pada siswa kelas XI SMK Al-Muttaqin Jember setelah diterapkan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share menggunakan media surat kabar. Sesuai dengan permasalahan penelitian, tujuan yang ini dicapai adalah mendiskripsikan proses penerapan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share menggunakan media surat kabar untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan argumentasi pada siswa kelas XI SMK Al-Muttaqin Jember dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis karangan argumentasi pada siswa kelas XI SMK Al-Muttaqin Jember setelah diterapkan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share menggunakan media surat kabar. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui tes, observasi, dokumentasi, perekaman dan wawancara. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 21 Juli 2011 sampai dengan 30 Juli 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas XI SMK Al-Muttaqin Jember. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas siswa. Hasil dalam penelitian ini, kemampuan menulis argumentasi dengan penerapan Think Pair Share menggunakan media surat kabar mengalami peningkatan. Pada prasiklus ketuntasan hasil belajar siswa 16%, pada siklus I meningkat 53% dan pada siklus II juga meningkat 89% sehingga secara klasikal memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SMK Al-Muttaqin Jember. Hal ini ditunjang keaktifan guru yang meningkat dari 80% menjadi 93%. Proses Think Pair Share juga meningkat dari 78% menjadi 95% dan keaktifan siswa juga meningkat dari 89% menjadi 95%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada pokok bahasan menulis karangan argumentasi. Saran yang diberikan yaitu bagi peneliti selanjutnya, sebaiknya dijadikan sebagai masukan untuk mengembangkan penelitian selanjutnya dengan menggunakan Think Pair Share sesuai dengan materi yang diteliti, bagi guru hendaknya senantiasa mengawasi kelas untuk memotivasi keaktifan siswa dan memberikan bimbingan secara individu maupun kelompok, bagi siswa hendaknya saling membantu sesama teman jika temannya ada yang kesusahan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22136
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository